4 Air Terjun Eksotis di Lombok Utara

Category: Tempat Wisata 230 0

Lombok merupakan salah satu pulau yang dianugerahi Tuhan akan keindahan alamnya yang masih sangat asri. Lombok menjadi salah satu pulau yang mampu menyaingi pesona pulau Bali. Di Lombok sendiri wisatanya sangat beragam, mulai dari wisata bahari, alam, kuliner. Lombok juga terkenal memiliki banyak air terjun. Beberapa diantaranya berada di wilayah Lombok Utara. Salah satu ikon Lombok Utara adalah air terjun Sendang Gile. Namun selain itu ternyata Lombok Utara juga memiliki beberapa air terjun yang tak kalah bagusnya dari Sendang Gile. Dan inilah 5 terjun eksotis di Lombok Utara.

Air Terjun Tiu Pupas
5 Air Terjun Eksotis di Lombok Utara

Lokasi:
Air terjun Tiu Pupas terletak di dusun Kerurak, desa Genggaleng, kecamatan Gangga, Lombok Utara. Lokasi ini berjarak sekitar 70 meter dari Mataram.

Transportasi:
Untuk mencapai tempat ini sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi karena belum tersedia angkutan umum. Rute perjalanan yang bisa ditempuh adalah Mataram – Pemenang – Tanjung – Gondang – Ledang Bagian – Keruak.

Air terjun seluas sekiatr 100 m persegi ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan kedalam kolam mencapai 4 meter. Nama air terjun ini diambil dari bahasa lokal yakni “Tiu” yang mempunyai arti “genangan air dalam jumlah yang besar”. Sedangkan “Pupas” berarti sebuah akar yang tumbuh dari sebuah pohon yang biasanya hidup di tebing-tebing sungai dan daerah pegunungan yang tinggi.

Keindahan air terjun Tiu Pupas berbalut view pegunungan hijau yang nampak begitu asri. Tak heran jika hawanya sangat sejuk dan segar. Tumbuhan-tumbuhan hijau pun menghiasi dinding sekitar air terjun. Sungguh elok paras air terjun ini. Apalagi jika anda berkunjung kemari, tentu saja suasana nyaman, bahagia, akan anda dapatkan. Tempat ini pun sangat cocok bagi anda yang mendambakan ketenangan. Air terjun ini bisa dibilang masih sangat perawan karena tak banyak yang mengetahui keberadaannya.

Air Terjun Tiu Kelep
tiu-kelep-199x300

Lokasi:
Air Terjun Tiu Kelep terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara.

Transportasi:
Air terjun Tiu Kelep berjarak kurang lebih 60 km dari Mataram. Untuk menuju desa Senaru diperlukan sekitar 2 hingga 3 jam. Sebaiknya Anda menyewa mobil karena tidak angkutan umum menuju air terjun Tiu Kelep.

Air terjun ini memiliki ketinggian 42 meter dan bertingkat-tingkat. Airnya cukup deras dan besar. Namun kolam yang berada di bawahnya tidak begitu dalam, hanya sepinggang orang dewasa. Dasar kolam lembut, sehingga memudahkan pengunjung untuk berenang. Dalam bahasa Sasak “Kelep” bermakna “terbang”. Sehingga nama ini ingin menggambarkan kondisi air terjun yang buih-buih airnya berterbangan di kolam. Banyak yang percaya, bahwa dengan mandi menggunakan air Tiu Kelep akan membuat Anda awet muda.

Air terjun Batara Lejang
Air terjun Batara Lejang

Lokasi:
Air Terjun Batara Lejang terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Lokasinya berada di hulu atas dari air terjun Sendang Gila dan Tiu Kelep.

Transportasi:
Perjalanan dari pos pemeriksaan pertama sampai pintu rimba bisa ditempuh dalam waktu 30 menit. Selanjutnya dari pintu tersebut ada jalan setapak menuju Batara Lejang.

Tempat ini masih sangat alami, sehingga tidak banyak mengunjungi. Walaupun begitu bukan berarti objek wisata ini tidak mempunyai daya tarik. Di Batara Lejang ada sumber air panas yang jernih. Anda bisa menghangatkan badan plus relaksasi di titik ini. Untuk mencapai air terjun Batara Lejang Anda harus melewati jalur pendakian ke Gunung Rinjani.

Air Terjun Tiu Teja
5 Air Terjun Eksotis di Lombok Utara

Lokasi:
Air terjun ini berada di Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara.

Transportasi:
Akses menuju lokasi air terjun ini terbilang cukup mudah, namun disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan karena tidak ada kendaraan umum.

Namanya Tiu Teja yang artinya “pelangi”. Ketinggian air terjun Tiu Teja sekitar 40 meter dengan lebar 10 meter. Di sekeliling lokasi ini ditumbuhi tumbuh-tumbuhan yang asri dan lebat. Dibawah air terjun ini terdapat kolam kecil yang bisa digunakan untuk berenang dan bermain. Lokasi air terjun ini berjarak 35 km dari Bangsal.

Related Articles

Add Comment