6 Tips Berwisata Seorang Diri (Solo Travelling)

Category: Tempat Wisata 58 0

Dewasa ini makin marak saja iklan dan promo perjalanan wisata murah. Tentunya hal tersebut sangat menggoda khususnya bagi anda pecinta jalan-jalan. Jika biasanya anda melakukan perjalanan wisata bersama keluarga dan teman, maka anda bisa sesekali melakukan solo travelling atau perjalanan wisata seorang diri, tentunya jika anda mempunyai nyali. Solo travelling dirasa juga cukup menyenangkan karena anda bebas menentukan tujuan kemanapun tanpa harus berkompromi dengan orang lain. Bagi anda yang berencana melakukan perjalan wisata seorang diri untuk yang pertama kalinya, ada baiknya anda membaca beberapa tips berikut untuk mendapatkan liburan seorang diri yang penuh arti dan menyenangkan. Mariellen Ward, pengelola blog perjalanan Breathedreamgo.com dan pendiri komunitas online WeGoSolo memberikan 6 tips berwisata seorang diri agar lebih aman, menyenangkan dan penuh arti.

6 Tips Berwisata Seorang Diri (Solo Travelling) | Biasputih

1. Mudahkan diri
Solo travelling memang bisa membuat anda memilih tujuan perjalanan sesuka hati. Namun ada baiknya jika anda ingin menjelajahi sebuah tempat yang belum pernah anda kunjungi atau daerah yang masih sangat asing bagi anda, ada baiknya anda bergabung dengan kelompok lain yang akan menuju tempat serupa. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Matangkan rencana
Sebelum anda melakukan sebuah perjalanan wisata, ada baiknya anda mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan perjalanan anda nantinya. Seperti titik-titik wisata terbaik, mencari tahu mengenai perbedaan zona waktu. Tentunya dengan persiapan yang matang, anda tidak perlu repot-repot bertanya sana-sini yang pada akhirnya akan membuang-buang waktu berwisata anda.

3. Jadilah egois sesekali
Salah satu hal menyenangkan yang bisa anda dapat ketika berwisata seorang diri adalah anda dapat menghabiskan waktu semau anda dengan bentuk kegiatan apapun, seperti duduk di taman selama berjam-jam atau mengunjungi lima restoran dalam satu hari. Memanjakan diri dan menjadi egois dalam sekali waktu bukanlah masalah jika anda sedang berwisata seorang diri.

4. Waspada dan pahami lingkungan tujuan wisata
Jika anda seorang wanita, dan sedang melakukan perjalanan wisata seorang diri, maka hindarilah menggunakan pakaian yang terlalu mengumbar aurat di daerah-daerah yang mempunyai mayoritas penduduk beragama Islam. Selain itu, hindari pula penggunaan aksesori maupun barang-barang mahal dan mencolok, ada baiknya anda menggunakan aksesori yang sewajarnya saja. Hal-hal ini menjadi penting agar anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Wisata sendiri bukan berarti menjadi penyendiri
Dengan berwisata sendiri anda bisa menjelajahi lebih dalam tiap sudut daerah. Anda bisa menemukan keunikan-keunikan tempat wisata, atau mungkin anda bisa mendapatkan teman baru. Jadi intinya, pada saat berwisata sendiri, jangan malu untuk bertanya ke penduduk sekitar dan tersesat dalam perjalanan, adalah hal yang wajar dan anda tidak perlu takut.

6. Tetap berhubungan
Selama perjalanan wisata, anda harus tetap menjaga komunikasi dengan keluargam atau sahabat. Jika terjadi sesuatu, maka anda bisa segera menghubungi keluarga ataupun sahabat anda.

Related Articles

Add Comment