Bendungan Jatibarang – Destinasi Wisata Baru di Semarang

Category: Tempat Wisata 353 0

Ingin menikamati suasana sore yang mengasikkan di Kota Semarang? Cobalah untuk pergi ke Bendungan Jatibarang. Bendungan ini juga dikenal dengan nama Waduk Sebaguna Jatibarang. Selain memiliki fungsi sebagai bendungan biasa, bendungan ini kini menjelma menjadi salah satu tempat wisata baru di Semarang.

Bendungan Jatibarang - Destinasi Wisata Baru di Semarang | Biasputih.com

Sejatinya area Bendungan Jatibarang meliputi 4 kelurahan dari 2 kecamatan yakni Kelurahan Kedungpane dan Kelurahan Jatibarang dari Kecamatan Mijen serta Kelurahan Kandri dan Kelurahan Jatirejo dari Kecamatan Gunungpati. Namun lokasinya lebih populer disebut di Kandri Kecamatan Gunungpati.

Bendungan Jatibarang ini mulai dibangun pada 15 Oktober 2009, dengan rencana penyelesaian 1520 hari. Pada tanggal 5 Mei 2014 bertepatan dengan peringatan Hari Air Sedunia, bendungan ini mulai digenangi dengan air. Bendungan ini memiliki daya tampung 20,4 juta meter kubik dan luas genangan 189 Ha dan luas daerah tangkapan 54 KM persegi. Bendungan Jatibarang dirancang dengan desain banjir 170 m3/detik serta dapat menambah pasokan air baku hingga 1.050 liter/detik, dengan potensi PLTMH Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro 1,5 MW.

Kala itu pada saat seremonial pengisian bendungan dihadiri oleh Djoko Kirmanto yang menajabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum, didampingi oleh Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah dan Imam Santoso selaku Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juwana. Pada acara seremonial tersebut hadir pula pula Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi serta Mantan Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo.

Pada awal tahun 2015 ini elevasi waduk mulai penuh. Pembuatan bendunagn ini diharapkan mampu mengatasi masalah banjir. Selain itu bendungan ini juga diharapkan bisa menjadi satu destinasi wisata yang baru kota Semarang.

Di dalam area genangan waduk, khususnya di Kelurahan Kandri terdapat pulau kecil yang terdapat kawasan wisata “Goa Kreo”. Pulau Goa Kreo ini dihubungkan dengan jembatan penghubung. Dan pada jembatan penghubung ini memiliki kedalaman yang paling dangkal diantara area genangan yang lain, selain itu juga disiapkan pelampung di bawah jembatan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Seiring dengan mulai diperkenalkannya bendungan ini sebagai tujuan wisata baru di Semarang, pengunjung pun mulai tertarik untuk datang ke bendungan ini. Umumnya mereka ingin menyaksikan bendungan ini secara langsung sembari nongkrong bersama teman atau kerabat. Suasananya yang asri pula menjadikan bendungan ini menjadi salah tempat wisata potensial di Semarang.

Bendungan Jatibarang - Destinasi Wisata Baru di Semarang

Related Articles

Add Comment