Berkunjung Ke Desa Sidatapa

Category: Tempat Wisata 153 0

Di daerah Singaraj terdapat sebuah desa bali aga yang bernama Desa Sidatapa. Desa ini diperkirakan sudah ada sejak tahun 75 masehi. Penduduk Desa Sidatapa pada zaman merupakan penduduk pendatang yang berasal dari Daerah Batur, Daerah Dauh Toro Ireng dan Daerah Jawa yang merupakan para pengikut Rsi Markandea.
Berkunjung Ke Desa Sidatapa

Desa Sidatapa berada di Bali Utara Bagian Tengah, tepatnya lokasinya berjarak 20 km dari sebelah barat Kota Singaraja, atau berjarak hanya 30 menit dari Pantai Lovina yang merupakan jantung pariwisata di Singaraja.

Apakah yang menjadi keunikan Desa Sidatapa? Jika anda berkunjung ke desa tersebut, maka amatilah bentuk bangunan rumah-rumahnya. Maka anda akan menemukan kesamaan rumah satu dengan yang lainnya. Rumahnya berbentuk persegi panjang dimana terbagi menjadi tiga bagian yakni Jeroan, Jaba Tengah, dan Bencingah. Di dalamnya sendiri terdiri dari beberapa sekatan kecil yang diperuntukan untuk tempat suci. Sementara itu di Jaba Tengah merupakan tempat suci untuk para leluhur, dapur, dan ruang tinggal serta ruang pintu masuk menuju rumah.

Selain keunikan bentuk rumahnya, Desa Sidatapa juga sering melakukan ritual suci yang dinamakan Agung Briyang. Ritual Agung Bruyang merupakan ritual untuk merayakan kunjungan para dewa untuk peringatan berdirinya candi utama desa mereka. Ritual ini juga berfungsi untuk mengusir berbagai roh jahat. Inti dari ritual ini adalah untuk berdoa kepada Sang Pencipta dan menyambut para dewa, sementara pada saat yang sama melawan roh-roh jahat. Ritual mengusir roh jahat ini biasanya dilakukan 3 tahun sekali yakni pada Purnamaning Kedasa, bulan penuh dalam bulan kesepuluh dari kalender Hindu Bali. Dalam pelaksanaannya para pesertanya yang laki-laki menggunakan kostum tradisional terbaik, sedangkan pihak perempuan membawa persembahan besar yang disimpan diatas kepada mereka.

Selain itu di Desa Sidatapa juga sering diadakan tarian sakral yakni Tari Rejang. Tari Rejang ini biasanya dipentaskan pada saat hari raya kuningan. Jika berkesempatan menyaksikan tarian ini, anda akan dapat menyaksikan keindahan gerakan tarian yang dilakukan oleh gadis-gadis cantik yang semuanya berbalut pakaian tradisional bali sidatapa.

Related Articles

Add Comment