Beruang Terkecil di Dunia Ternyata Ada di Indoensia Lho

Category: Tempat Wisata 118 0

Tahukah anda beruang apa yang memiliki ukuran tubuh paling kecil di dunia? Ya, jawabannya adalah beruang madu. Jika anda beranggapan bahwa beruang jenis ini hanya ada di luar negeri, maka anda salah. Tak perlu pergi jauh-jauh ke luar negeri, karena anda pun bisa melihat beruang madu di Indonesia. Tepatnya di Kalimantan. Anda bisa menyaksikan habitat asli beruang terkecil di dunia di sbeuah tempat penangkaran yang bernama Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF).

Beruang Terkecil di Dunia Ternyata Ada di Indoensia Lho

Lokasi:
Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur, Indonesia.

Sejatinya beruang terkecil di dunia ini bukanlah bernama beruang madu, melainkan beruang matahari atau sun bear. Nama tersebut diberikan karena di dada beruang ini terdapat tanda yang mirip dengan bentuk matahari. Beruang matahari ini adalah hewan nocturnal atau hewan malam. Meskipun demikian banyak juga beruang yang telah beradaptasi dan kadang berkeliling area penangkaran di siang hari. Menariknya lagi, beruang matahari ini sebenarnya merupakan binatang karnivora. Namun karena dikhawatirkan akan menyerang penjaganya, beruang – beruang yang tinggal di penangkaran ini akhirnya hanya diberi susu dan buah – buahan saja. Tentunya juga aman bagi para pengunjung.

Penagkaran beruang ini dibangun untuk menjaga populasi beruang matahari yang terancam punah. Beruang jenis ini banyak diburu. Umumnya yang diambil dari beruang ini adalah bagian kuku, gigi dan empudu yang konon berkhasiat sebagai obat berbagai berbagai penyakit.

Di BOSF terdapat penangkaran beruang dari hasil penyelamatan dan penyitaan. Sekarang ini terdapat 45 beruang madu yang tinggal di tempat penangkaran ini. Antara beruang jantan, betina, dan beruang yang masih anak – anak diletakkan di tempat yang terpisah. Anda dapat menyaksikan betapa lucu dan menggemaskannya beruang ini di tempat penangkarannya. Disana anda bisa melihat betapa serunya beruang-beruang tersebut bermain di tengah lahan yang hijau.

Jika anda berkunjung ke BOSF, anda bisa menyaksikan beruang matahari pada pagi dan sore hari. Untuk pagi hari waktu yang diperbolehkan mulai pukul 09.00 – 13.00 WIT. Sementara itu untuk kunjungan di sore hari mulai dari pukul 14.00 – 20.00 WIT. Untuk menikmati liburan di tempat penangkaran ini pengunjung harus membayar Rp 550 ribu per orang dewasa dan Rp 275 ribu untuk anak – anak.

Beruang Terkecil di Dunia Ternyata Ada di Indoensia Lho

Related Articles

Add Comment