Berwisata ke Desa Tihingan – Desa Pengrajin Gong Gamelan Bali

Category: Tempat Wisata 251 0

Selain kaya akan wisata alamnya, Bali juga dikenal dengan ragam, seni dan budaya yang dimilikinya. Seni lukis, seni musik, hingga seni modern pun semua ada di Bali. Salah satu yang terkenal adalah seni musik tradisional Bali yang disebut seni Gamelan Bali. Seni Gamelan Bali merupakan salah satu warisan kesenian Bali sejak zaman leluhur yang hingga kini masih dijaga kelestariannya. Namun tahukah anda dimana tempat pembuatan alat-alat seni gamelan di Bali?

Berwisata ke Desa Tihingan - Desa Pengrajin Gong Gamelan Bali

Salah satu desa yang terkenal sebagai sentra pembuatan alat-alat gamelan adalah Desa Tihingan. Desa ini teretak di di Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung. Kurang lebih 3 km ke arah barat dari kota Semarapura. Untuk mencapai Desa Tihingan ini cukup mudah, karena letaknya yang dekat dengan pusat kota Klungkung. Jika anda memulai perjalanan dari denpasar, kira-kira anda akan menempuh waktu perjalanan selama 45 menit atau 1 jam jika dari bandara Ngurah Rai.

Sebagian besar masayarakat di Desa Tihingan ini berprofesi sebagai pembuat instrumen gong (gamelan). Hal ini disebabkan karena keahlian membuat alat-alat gamelan mereka dapat secara turun-temurun dari nenek moyang terdahulunya. Yang menjadi keistimewaan dari gong (gamelan) desa Tihingan yakni kualitasnya yang bagus, baik itu dari segi bahan maupun dari segi suara yang dihasilkan. Maka tak heran jika banyak wisatawan lokal maupun luar negeri yang tertarik mengoleksi gamelan yang berasal dari Desa Tihingan ini.

Tak hanya itu, jika anda berkunjung ke Desa Tihingan ini, anda tidak hanya menyaksikan sentra pembuatan gong (gamelan), namun anda juga bisa menyaksikan permainan gamelan itu sendiri. Biasanya gamelan akan dimainkan di banjar-banjar setempat.

Hampir setiap banjar atau sanggar musik di Bali memiliki instrumen gong (gamelan) yang kebanyakan berasal dari Desa Tihingan. Dan bahkan beberapa diantaranya dikirim ke luar negeri untuk dijadikan pajangan di beberapa kedutaan RI.

Desa Tihingan tak hanya dikenal sebagai sentra pembuatan gong, Masyarakat Desa ini juga ahli membuat berbagai macam gamelan lainnya seperti Gender, Semara Pegulingan, Kelentangan dan Angklung.

Jika anda sedang berlibur di Klungkung, maka tak ada salahnya anda berkunjung ke Desa Tihingan untuk berwisata kesenian yang ada disana.

Related Articles

Add Comment