Bukit Putung – Keindahan Alam Yang Nyaris Terlupakan

Category: Tempat Wisata 75 0

Selain Iseh, Bali Timur masih memiliki tempat wisata alam yang tak kalah menakjubkan yakni Bukit Putung. Putung merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Bali yang memiliki keindahan alam yang mempesona. Putung menawarkan keindahan alam dari atas bukit.

Bukit Putung - Keindahan Alam Yang Nyaris Terlupakan

Putung terletak di Desa Duda Timur, Kecamatan Selat. Untuk menggapai Putung anda harus menempuh perjalanan dengan jarak sekitar 64 km dari Kota Denpasar, atau 19 km dari Kota Amlapura. Anda pun bisa pergi ke Putung menggunakan angkutan umum. Putung ini berada dalam wilayah desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem.

Yang menjadi daya tarik Putung adalah keindahan panorama alamnya yang terletak di daerah pegunungan yang dikelilingi oleh perkebunan salak. Putung merupakan keindahan alam yang memadukan antara panorama perbukitan, lembah, laut, hutan, dan perkebunan salak.

Hawa si Putung sangatlah sejuk. Dari bukit Putung ini anda dapat melihat petak-petak sawah milik penduduk di Desa Adat Buitan, Kecamatan Manggis dan Labuhan Amuk dengan laut birunya yang membentang luas dengan jukung-jukung (perahu tradisional nelayan Bali) nelayan yang sedang berlayar terlihat yang sedang menangkap ikan.

Dari atas bukit Putung anda juga bisa menyaksikan pemandangan kapal pesiar (cruise) yang kebetulan datang bersanda. Dari kejauhan anda dapat melihat Pulau Nusa Penida milik Kabupaten Klungkung. Putung pun lokasinya cukup dekat dengan obyek agrowisata salak Sibetan di Kecamatan Bebandem.

Putung menjadi terkenal berkat lukisan Mr. Christiano. Ia adalah seorang pelukis asal Italia yang tinggal beberapa lama di Putung. Ia pun memiliki seorang istri yang berasal dari Desa Manggis. Ia menggambarkan keindahan panorama alam Putung. Melalui karyanya tersebut Putung menjadi semakin dikenal banyak orang. Bukit Putung pun sempat menjadi ikon wisata alam di Karangasem pada 1980-an.

Di areal Desa Putung pun kini sudah dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas penunjang bagi para wisatawan seperti bungalow, restoran, lapangan tenis dan lainnya.

Suasananya yang sangat tenang, udara yang segar dan sejuk, pemandangan yang memanjakan mata, merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Putung. Sudah sepantasnya anugerah Tuhan ini kita jaga dengan baik.

Related Articles

Add Comment