Desa Tablanusu – Eksotika Desa Nelayan di Jayapura Papua

Category: Tempat Wisata 71 0

Desa Tablanusu – Adalah desa nelayan yang ada di di Kecamatan Depapre, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. Desa ini telah dicanangkan sebagai desa wisata. Keasrian dan keindahan alam desa Tablanusu ini pula yang menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata favorit di kabupaten Jayapura.

Desa Tablanusu - Eksotika Desa Nelayan di Jayapura Papua

Lokasi:
Desa tersebut terletak di Kecamatan Depapre, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Berkunjung ke Desa Tablunusu merupakan sebuah paket wisata yang bisa dibilang komplit. Bayangkan saja, di satu tempat tersebut anda bisa menikmati pesona alamnya yang indah, warisan sejarah dan budayanya yang masih terjaga. Ini pula yang membuatnya direkomendasikan menjadi desa wisata favorit.

Desa yang memiliki luas sekitar 230,5 hektar masih menyimpan sisa-sisa peninggalan tentara sekutu pada Perang Dunia II. Anda bisa melihat Landasan meriam dan dermaga bekas pendaratan tentara sekutu.

Desa ini juga memiliki sebuah danau yang bernama Danau Dukumbo. Pesona danau ini masih sangat alami. Di danau ini terdapat banyak ikan, terutama ikan bandeng, ikan mujair, dan ikan mas. Bagi and ayang hobi memancing, anda bisa menguji keahlian anda disini.

Selain itu anda juga bisa menyusuri hutan yang ada di dekat desa. Disana anda dapat melihat berbagai jenis tumbuhan dan mendengarkan aneka kicauan burung. Di dekat desa juga terdapat dua buah pulau yang ditumbuhi oleh banyak bunga anggrek. Pada sore hari, dua pulau tersebut juga menjadi tempat persinggahan aneka jenis burung. Burung-burung itu hinggap berjejer di ranting pepohonan dan membentuk sebuah pemandangan yang indah menjelang matahari terbenam.

Disebut desa nelayan, tentu karena adanya laut di dekatnya. Ya, di desa ini anda bisa menyaksikan pemandangan laut dengan perairan yang jernih. Selain memancing, anda juga bisa berenang atau menyelam untuk melihat kekayaan bawah lautnya, seperti terumbu karang yang masih terjaga kelestariannya dan aneka jenis ikan yang berenang secara bergerombolan. Terkadang muncul ikan hiu. Dan pada malam hari, anda bisa ikut mencari ikan bersama nelayan di daerah ini dengan cara berburu ikan dengan tombak atau panah air

Transportasi dan Rute:
Untuk sampai di lokasi, anda dapat memulai perjalanan dari Kota Jayapura. Dari Kota Jayapura menggunakan bus menuju Kota Sentani, Ibu Kota Kabupaten Jayapura. Kota Sentani berjarak sekitar 33 kilometer dari Kota Jayapura. kemudian dilanjutkan dengan naik bus atau menyewa mobil carteran menuju Dermaga Depapre dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Kemudian anda harus melanjutkan dengan naik perahu bermesin tempel menuju Dermaga Tablanusu dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Setelah itu, perjalanan menuju Desa Wisata Tablanusu dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Akomodasi:
Di Desa Wisata Tablanusu terdapat berbagai fasilitas, seperti pemandu wisata, gereja, persewaan perahu, pasar ikan, dan warung yang menyediakan aneka makanan, minuman, dan suvenir khas masyarakat setempat. Jika ingin bermalam disana, anda bisa meyewa rumah penduduk setempat (homestay) atau berkemah dengan nyaman di tepi pantai atau di tepi danau.

Related Articles

Add Comment