Eks Pelabuhan Buleleng Yang Terlupakan

Category: Tempat Wisata 729 0

Banyak orang mungkin asing dengan kawasan pelabuhan Buleleng. Padahal eks pelabuhan Buleleng ini memiliki sejarah yang penting dalam kaitannya dengan perkembangan kehidupan masyarakat Bali zaman dahulu. Kawasan ini dulu merupakan dermaga terbesar di Pulau Bali itu hingga tahun 1950-an.
Eks Pelabuhan Buleleng Yang Terlupakan

Zaman dahulu pantai di kawasan Buleleng sangat dikenal oleh bangsa asing dengan adanya pelabuhan Buleleng ini. Di zaman pendudukan Belanda, pelabuhan itu dipakai untuk bongkar muat barang dan juga kapal pesiar asing yang membawa wisatawan menikmati indahnya pulau Bali.

Tak banyak yang tahu, terutama generasi muda saat ini, jika pada zaman dulu Singaraja adalah ibu kota dari Nusa Tenggara. Dan saat itu juga Pelabuhan Buleleng ini merupakan pusat pelayaran yang penting. Namun semenjak dipindahkannya Ibu Kota Propinsi Bali dari Bali Utara ke Bali Selatan (karena keputusan dibaginya Nuda Tenggara menjadi 3 propinsi yakni kini dikenal dengan NTT,NTB,dan Bali), lambat laun hal tersebut membuat Pelabuhan Buleleng menjadi kurang berfungsi. Kemerosotan pelabuhan buleleng mencapai puncaknya ketika pembangunan Pelabuhan Celukan Bawang yang berada ± 40 km arah Barat Singaraja.

Di kawasan eks pelabuhan ini terdapat sebuah tugu/monumen pahlawan yang berdiri tegak dengan gagahnya hingga kini.

Sejak tahun 2005 lalu, kawasan eks pelabuhan Buleleng ini dirombak menjadi sebuah objek wisata oleh pemerintah daerah setempat. Bekas dermaga kayu pada masa lampau disulap menjadi restoran apung. Ditambah pula dibangunnya taman-taman kecil di sekitar tugu.

Eks Pelabuhan Buleleng ini berada di pusat kota Singaraja. Kini eks pelabuhan Buleleng ini menjadi salah satu objek wisata andalan kota Singaraja. Biasanya hampir tiap sore tempat ini selalu dikunjungi oleh muda-mudi setempat untuk mengahbiskan waktu bersama sang kekasih. Menjelang petang, maka eks pelabuhan buleleng ini menjadi semakin ramai dengan kehadiran para pedagan dan beragam wahana bermain. Tempat ini juga menjadi favorit bagi para orang tua untuk bermain bersama anak-anaknya.

Suasana malam di eks Pelabuhan Buleleng ini sangatlah indah dan romantis. Deburan ombak dan sepoi angin laut yang beratapkan bintang-bintang malam menjadikan tempat ini seakan taman romansa yang indah. Tak ayal jika pada malam hari tempat ini berubah menjadi sebuah taman romansa untuk para muda mudinya.

Related Articles

Add Comment