Gili Air – Surganya Wisata Bawah Laut

Category: Tempat Wisata 24 0

Gili Air merupakan satu dari tiga pulau yang merupakan rangkaian pulau surga. Gili Air terletak di Desa Gili indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Dinamakan Gili Air karena di pulau ini merupakan surganya segala aktivitas yang berhubungan dengan air.

Gili Air - Surganya Wisata Bawah Laut

Untuk mencapai Gili Air hampir sama dengan rute Gili Trawangan maupun Gili Meno. Anda bisa menempuh perjalanan darat dengan menggunakan kendaraan bermotor dari Kota Mataram menuju dermaga Bangsal. Perjalanan ke dermaga Bangsal memakan waktu sekitar 1 jam. Dari bangsal anda harus menyeberang menuju Gili Air, jika menggunakan perahu motor waktu yang dibutuhkan sekitar 15 menit. Selain itu anda pun bisa menyeberang dari Senggigi dengan lama perjalanan sekitar 1 jam.

Memasuki Pulau Gili Air ini, anda akan disambut oleh keramahan masyarakat sekitar yang umumnya merupakan suku sasak dan bugis. Mata pencaharian mereka umumnya sebagai nelayan, pedagang, dan pemandu wisata.

Gili air merupakan salah satu surganya wisata alam bawah laut yang ada di Indonesia. Dari Gili Air ini terdapat setidaknya 5 titik utama untuk melakukan aktivitas bawah laut yakni Air Wall, Air Slope, Frogfish Point, Segaluh dan Malang Reef. Dari kelima titik tersebut anda bisa menyaksikan keindahan alam bawah laut yang ada di Gili Air. Beragam biota laut bisa anda temukan disini seperti kuda Laut, kura-kura, ikan-ikan dengan ragam corak dan warna, serta terumbu karang yang menghiasi dasarnya.

Setiap titik tersebut memiliki keunikannya masing-masing. Misalnya jika anda ingin menyaksikan keindahan terumbu karang yang terbentang seperti dinding, anda bisa melakukan penyelaman di titik Air Wall.

Selain snorkling dan menyelam, anda pun berselancar jika ombaknya sedang tinggi. Dan pada pagi maupun sore hari anda bisa jogging di sepanjang tepian pantainya. Jika anda berkeliling pulau anda bisa mneyewa cidomo atau sepeda. Anda tak akan menemukan kendaraan bermotor di pulau ini, hal tersebut merupakan salah satu kebijakan untuk menjaga keasrian dan keindahan alam Gili Air.

Malam harinya, anda bisa menikmati makan malam yang romantis, dengan pemandangan kerlip lampu dari pulau Gili Trawangan dan Gili Meno yang berada di seberang laut yang nampak seperti kunang-kunang. Sungguh suasana yang romantis dan nyaman.

Related Articles

Add Comment