Keindahan Air Terjun Benang Kelambu

Category: Tempat Wisata 45 0

Air Terjun Benang Kelambu merupakan salah satu air terjun yang ada di Lombok. Dari namanya saja sudah begitu unik didengar. Air Terjun Benang Kelambu memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda dengan air terjun lainnya yang ada di Lombok. Jika biasanya gemericik air terjun bersuara keras karena jatuh dari ketinggian, tidak begitu dengan air terjun Benang Kelambu. Air terjun ini dinamakan air terjun Benang Kelambu karena gemericik airnya tidak menghasilkan suara yang bergemuruh karena yang menjadi alas jatuhnya air bukannya tebing bebatuan namun tanaman merambat. Sangat menarik bukan?

Keindahan Air Terjun Benang Kelambu

Air terjun Benang Kelambu adalah salah satu tujuan wisata yang wajib Anda kunjungi saat ke Lombok Tengah. Air Terjun benang Kelambu menawarkan panorama air terjun yang benar-benar berbeda dengan air terjun lainnya. Jika dilihat dari kejauhan arus air terjun yang ajtuh dari ketinggian nampak seperti kumpulan benang halus berwarna putih. Ditambah suasan alamnya yang memiliki hawa sejuk dan menyegarkan.

Air terjun Benang Kelambu memiliki ketinggian sekita 40 meter. Air terjun ini terbagi menjadi dua bagian dengan 2-3 tingkat yang membuatnya seakan terpotong. Tinggi aliran pada bagian pertama mencapai sekitar 30 meter sedangkan yang kedua hanya sekitar 10 meter. Uniknya lagi air terjun Benang Kelambu ini tidak memiliki tempat curahan air yang jatuh dari ketinggian. Bisa dibilang air terjun ini tidak memiliki kolam di bawahnya seperti kebanyakan air terjun lainnya. Air yang jatuh dari ketinggian tidak begitu keras, jadi anda masih bisa bermain air di bawahnya.

Lokasi:
Air Terjun Benang Kelambu terletak di kawasan hutan desa Air Berik, Lombok Tengah. Untuk bisa menyaksikan keindahan Air Terjun Benang Kelambu, anda harus menempuh perjalanan sejauh 32 km dari Mataram. Dari Kota Mataram anda arahkan kemudia anda menuju Narmada, Sedau hingga menemukan persimpangan Paras Teratak. Jika masih bingung dengan rutenya, anda bisa bertanya kepada penduduk setempat. Akses jalan menuju lokasi air terjun merupakan medan menanjak yang berupa jalan setapak yang cukup licin, jadi anda harus berhati-hati. Lama waktu tempuh yang harus anda lalui untuk mencapai lokasi air terjun kira-kira sekitar 45 menit. Begitu memasuki kawasan air terjun anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp.5000 rupiah untuk dapat menikmati pesona Air Terjun Benang Kelambu. Untuk pulangnya anda bisa menggunakan rute lain yang lebih mudah dan menawarkan view yang cukup indah. Di sepanjang jalan anda akan disuguhi pemandangan perkebunan milik warga, dan jika beruntung anda bisa menemukan sekawanan monyet yang ada di sekitar area hutan.

Related Articles

Add Comment