Keindahan Pulau Bidadari

Category: Tempat Wisata 21 0

Selain Pulau Tidung, Jakarta juga memiliki kawasan wisata bahari lain yang tak kalah indahnya. Namanya Pulau Bidadari. Sesuai dengan namanya, Pulau ini menawarkan keindahan selayaknya sang Bidadari yang membuat mata kita terkagum-kagum. Pulau Bidadari sendiri sebenanrnya masih merupakan salah satu pulau gugusan Pulau Seribu. Pulau Bidadari dahulu bernama Pulau Sakit dan Pulau Pumered. Pengambilan nama tersebut terilhami dari nama pulau lainnya di Kepulauan Seribu seperti Pulau Putri, Pulau Nirwana, dan lainnya. Pulau ini memiliki kontur wilayah yang dikelilingi oleh pepohonan besar. dari kejauhan pun pulau ini terlihat begitu rimbun dan asri.

Keindahan Pulau Bidadari

Lokasi:
Secara geografis pulau ini berada di antara gugusan Pulau Onrust, Pulau Khayangan, Pulau Kelor, dan Pulau Ayer, kelurahan Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Sejarah Singkat:
Pada abad ke 17, Belanda membangun rumah sakit lepra atau kusta di pulau ini. Oleh karena itu dahulu pulau ini diberi nama Pulau Sakit. Selain itu di pualu ini juga dibangun sebuah benteng yang berfungsi sebagai sarana pengawasan pihak belanda untuk melakukan pertahanan dari serangan musuh. Pulau ini sendiri tidak berpenghuni hingga tahun 1970. Barulah pada awal tahun 1970an, PT Seabreez mengelola pulau ini untuk dijadikan sebagai resor wisata. Pulau ini dikembangkan sebagai salah satu destinasi wisata di Kepulauan Seribu karena lokasinya yang indah dan bersejarah.

Daya Tarik:
Selain peninggalan-peninggalan bersejarah dari zaman penjajahan Belanda, daya tarik lainnya dari Pulau ini adalah keindahan alam pulaunnya. Pulau Bidadari pulau memiliki pantai berpasir putih dengan air laut yang jernih. Beberapa tanaman langka seperti pohon perdamaian (baringtonia exelsa), pohon kepuh, pohon sentigi (pempis acidula), pohon kayu hitam (diospyros maritama), pohon glodokan, beberapa tanaman buah, dan juga hutan mangrove tumbuh dan terpelihara dengan baik di pulau ini.

Jika anda berkunjung ke pulau ini anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru. Di pagi hari anda bisa pergi mengelilingi situs-situs bersejarah dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda. Sedangakn siang harinya anda bisa bersantai di tepi panta sembari menikmati sepoi angin yang semilir membuat mata anda terlelap. Pada sore hari anda bisa berenang maupun bersnorkling untuk melihat indahnya terumbu karang alam bawah laut Pulau Bidadari. Dan pada saat malam menjelang, anda bisa mengadakan dinner romantis bersama pasangan, sekaligus memanjakan lidah anda dengan beragam menu hidangan laut yang menggugah selera. Selain itu disini juga sering diadakan barbeque party di malam hari.

Akomodasi:
Untuk masalah akomdasinya, Pulau bidadari memiliki cottage yang terpanggung di atas air layaknya perkampungan nelayan. Selain itu juga terdapat cottage di darat yang terdiri dari dua model yakni model panggung dengan arsitektur rumah adat Minahasa dan cottage biasa. Cottage di pulau ini dilengkapi dengan fasilitas seperti ruang pertemuan, ruang karaoke, restoran, toko suvenir dan peralatan olah raga air. selain itu anda un bisa membeli beberapa souvenir yang tersedia di toko-toko suvenir yang disediakan oleh pihak cottage.

Transportasi:
Untuk menuju Pulau Bidadari, anda dapat menggunakan kapal cepat dari dermaga Marina Taman Impian Jaya Ancol. Perjalanan menuju pulau ini hanya sekitar setengah jam. Karena lokasinya yang hanya 15 kilometer dari jakarta, tak jarang beberapa pengunjung memilih untuk mengunakan jetski.

Related Articles

Add Comment