Menikmati Indahnya Terasering di Desa Busungbiu

Category: Tempat Wisata 157 0

Jika anda pergi melintasi daerah Busung biu, jangan lupa untuk menyempatkan diri menikmati suasana alamnya yang asri dan sejuk. Desa Busungbiu terkenal dengan hamparan sawah hijaunya yang membentuk undakan-undakan simetris yang indah atau yang disebut juga dengan terasering. Terasering inilah yang menjadi daya tarik Desa Busungbiu.
Menikmati Indahnya Terasering di Desa Busungbiu

Secara geografis Desa Busungbiu terletak di 39 km sebelah selatan Kota Singaraja. Sementara teraseringnya berada di dekat jalan utama Singaraja – Denpasar via pupuan.

Di areal parkir yang terletak dipinggir jalan, terdapat sebuah panggung yang terbuat dari kayu yang difungsikan sebagai tempat bagi para pengunjung untuk menikmati hamparan persawahan yang indah.

Dari areal ini, anda dapat menyaksikan keindahan hamparan persawahan yang dilatar belakangi oleh perbukitan hijau dan ditengah–tengah persawahan terlihat aliran sungai yang berkilau dengan airnya yang mengalir sepanjang tahun. Sungguh sebuah pengalaman yang menakjubkan jika anda dapat menyaksikan keindahan panorama tersebut.

Di sela-sela padi persawahan, anda pun dapat melihat aktivitas rutin para petani yang dengan semangatnya menggarap lahan mereka demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari keluarganya. Ditambah lagi nuansa alam pedesaan dengan pemandangan hijau yang disertai kicauan burung. Udara yang sejuk dan segar semakin menambah syahdunya suasana alam sekitar.

Selain itu di lokasi ini anda juga bisa melakukan aktivitas treking menyusuri lahan persawahan dan sungai. Biasanya pada pagi hari maupun sore hari banyak para pengguna jalan yang singgah di kawasan terasering ini sekedar untuk melepas lelah sembari menikmati keindahan alam sekitar. Bahkan banyak wisatawan asing yang tertarik dengan terasering ini. Umumnya mereka menghabiskan waktu di areal terasering untuk berfoto-foto.

Di kawasan ini pun terdapat beberapa buah gazebo yang dapat anda gunakan secara gratis, karena memang gazebo-gazebi tersebut disediakan untuk para wisatawan yang mampir ke tempat ini. Anda pun bisa beristirahat sembari menyantap bekal yang dibawa.

Dengan keindahan yang ada di kawasan Busungbiu ini, tak heran jika terasering Busungbiu ini menjadi salah satu terasering terbaik yang ada di Bali. Dalam kunjungan penulis beberapa waktu lalu, kami mendapati kawasan terasering ini ramai dikunjungi oleh muda-mudi lokal yang melakukan aktivitas photography di terasering Busungbiu ini.

Nampaknya jika kawasan ini dikelola dengan baik, dalam beberapa waktu ke depan akan mampu menjadi sektor pariwisata alam andalan Singaraja.

Related Articles

Add Comment