Museum Lampung – Mengulas Sejarah Masa Lampau

Category: Tempat Wisata 398 0

Salah satu destinasi wisata di Lampung yang tak kalah serunya adalah Museum Lampung. Museum ini memiliki cukup banyak koleksi benda prasejarah, benda budaya, serta flora dan fauna khas Lampung. Tercatat sekitar 4.735 benda koleksi yang terbagi menjadi 10 kelompok, yaitu koleksi geologika, biologika, etnografika, historika, numismatika/heraldika, filologika, keramologika, seni rupa, dan teknografika.

Museum Lampung

Museum ini resmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Fuad Hasan pada 24 September 1988 diresmikan. Peresmian museum bertepatan dengan Hari Aksara Internasional yang dipusatkan di PKOR Way Halim.

Memasuki halaman Museum, anda akan disambut oleh meriam kuno peninggalah zaman penjajahan dan replika rumah adat Lampung. Memasuki area dalam museum, anda akan menemukan berbagai koleksi lainnya seperti koleksi benda dari dua kelompok adat Lampung, yakni Sai Bathin (Peminggir) dan Pepadun. Kedua kelompok adat ini masing-masing memiliki kekhasan dalam hal ritual adat dan perangkat atau aksesori adat, seperti kain tradisional khas Lampung, kain tapis.

Selain itu anda juga dapat menyaksikan mumi dari fauna khas Sumatera seperti gajah, harimau, trenggiling, dan lainnya. Disini juga terdapat diorama Gunung Krakatau meletus tahun 1883. Memasuki koridor belakang tersimpan banyak terdapat situs purbakala neolithikum yang hidupnya nomaden, beberapa arca, menhir, dan lainnya. Museum ini juga menyimpan beberapa benda peninggalan masa Kerajaan Sriwijaya dan Radin Inten yang merupakan pahlawan Lampung dan keturunannya.

Selain dapat melihat-lihat koleksi museum, pada waktu-waktu tertentu taman budaya atau pusat kesenian di museum ini menggelar pagelarann musik tradisional dan tarian daerah Lampung.

Transportasi:
Untuk mencapai museum ini, Anda dapat menggunakan angkot atau bahkan naik ojek. Letak sekitar 5 km di sebelah utara pusat kota Tanjungkarang dan hanya 400 meter dari terminal bus Rajabasa. Letak museum ini cukup strategis sebab tak jauh dari pusat kota Bandar Lampung, yakni hanya 15 menit perjalanan.

Akomodasi:
Bagi anda yang ingin menginap, anda bisa menginap di hotel yang ada di sekitar kota Lampung. Tersedia cukup banyak pilihan hotel mulai dari yang bebintang hingga hotel kelas melati.

Lokasi Museum Lampung :
Jl. Zainal Arifin Pagar Alam No. 64, Gedung Meneng, Bandar Lampung
Telp.: 0721-783688
Fax: 0721-701164

Related Articles

Add Comment