Omed-Omedan – Upacara Berciuman Unik di Bali

Category: Tempat Wisata 77 0

Omed-Omedan - Upacara Berciuman Unik di Bali

Bali terkenal dengan sejuta pesona keindahan alamnya. Pulau yang dijuluki sebagai pulau dewata ini juga memiliki ragam budaya dan tradisi yang patut dilestarikan. Dari begitu banyak tradisi yang ada di Bali, ada satu tradisi yang cukup unik dan menarik untuk disaksikan. Namanya tradisi Omed-Omedan. Mengapa dikatakan unik? Terang saja, tradisi ini merupakan ritual dimana para pemuda pria dan wanita berciuman di depan umum. Wah menarik bukan? Pasti anda juga ingin ikutan? Eits, tunggu dulu, baca dulu artikel berikut agar lebih tahu apa itu Omed-Omedan.

Upacara Omed-omedan diadakan sehari setelah Hari Raya Nyepi sore harinya yaitu pada hari Ngembak Geni menyambut tahun baru Saka. Upacara ini rutin diadakan setiap tahunnya, hingga saat ini upacara ini masih tetap dilaksanakan. Upacara ini dilaksanakan di desa Sesetan yang terletak di Banjar kala 3 km dari Ibukota Denpasar Bali. Upacara Omed-omedan merupakan upacara tradisi masyarakat di Bali yang hanya dilakukan di Banjar Kaja Kelurahan Sesetan, Denpasar Selatan, Bali.

Upacara Omed-omedan ini dilakukan oleh anggota Sekaa Teruna Satya Dharma Kerthi Banjar Kaja Sesetan. Sebelumnya anggota muda mudi tersebut melakukan persembahyangan bersama di sebuah pura yang satu areal dengan balai Banjar Kaja. Dan sebelum acara dimulai aspalnya dibasahi terlebih dahulu dengan air.

Med Medan ini terdiri 2 kelompok atau barisan pria 40 orang dan wanita 60 orang (umur 16 s/d 21 tahun). Barisan laki-laki menuju ke arah utara dan perempuan ke arah selatan jalan. Ketika barisan sudah saling berhadapan, masing-masing kelompok menunjuk salah seorang anggota yang akan dipertemukan dengan lawan jenisnya.

Sebelum kedua pasangan berangkulan, mereka Upacara Omed-omedan atau saling tarik beberapa saat. Ketika sudah saling berpegangan atau berangkulan, pasangan itu kemudian diguyur air hingga basah kuyup. Siraman air juga sebagai pertanda jika sesi tersebut telah usai dan akan dilanjutkan oleh pasangan muda mudi lainnya.

Bagaiman menarik bukan? Jika ingin menyaksikan upacara omed-omedan secara langsung, maka siapkan tiket anda dari sekarang ya. Dan perlu diingat pengunjung hanya bisa menyaksikan, tidak bisa berpartisipasi. Hehe sayang sekali.

Related Articles

Add Comment