Sabang – Pesona Sang Pulau Ujung Barat Indonesia

Category: Tempat Wisata 72 0

Berkunjung ke Sabang, tentu belum lengkap jika tidak menyempatkan diri berkarya wisata mengelilingi pulau untuk menyibak keindahan tersembunyi yang ada di dalamnya. Sabang merupakan kota yang terletak di Pulau Weh dan merupakan pintu gerbang di kawasan ujung barat Indonesia.

Sabang - Pesona Sang Pulau Ujung Barat Indonesia

Lantas apa saja yang ditawarkan Kota Sabang? Jika anda baru pertama kali menginjakkan kaki ke Kota Sabang, anda bisa menikmati keindahan danau yang ada di Sabang. Kota Sabang memiliki 5 buah danau yaitu Danau Aneuk laot, Danau Paya Senara, Danau Paya Karieng, Danau Paya Peutapen dan Danau Paya Seumesi. Danau terbesar adalah Danau Aneuk Laot. Danau ini terletak di tengah-tengah kota Sabang yang merupakan sumber mata air warga. saat siang hari tiba anda bisa menimati indahnya kilauan air di danau ini, seakan butiran kristal yang memantulkan sinar gemerlap yang menyilaukan mata. Saat sore menjelang, jangan beranjak dulu, nikmatilah detik-detik sang mentari tenggelam ke haribaan sang ufuk. Suasana indah nan romantis tersebut sangat cocok bila dinikmati dengan sang kekasih. Tak ayal banyak pasangan yang berbulan madu disini.

Geografis:
Sabang terletak di Pulau Weh yaitu di sebelah utara kota Banda Aceh. Sabang memiliki luas 156,3 km² dengan puncak tertinggi 617 meter di atas permukaan air laut. Karena terletak di Pulau Weh banyak orang yang menyebut Pulau Weh sebagai Pulau Sabang. Pulau Weh sendiri merupakan pulau utama dan terbesar yang terpisahkan dari daratan Aceh oleh Selat Benggal.

Oleh-oleh:
Sebelum meninggalkan kota Sabang, jangan lupa menyempatkan diri untuk berburu oleh-oleh untuk sanak family di rumah. Terdapat banyak toko souvenir yang bisa anda temui di kota Sabang. Toko sovenir yang paling terkenal di pulau ini adalah Piyoh yang terletak di sabang tepatnya di Jalan Cut Mutia. Piyoh juga bisa ditemukan di Jalan T. Iskandar No.20, Ulee Kareng, Banda Aceh jika kebetulan Anda berada di kota. Toko souvenir Jroe dapat ditemukan Jalan Gapang dan Iboih, toko ini menjual kaos dan kerajinan yang terbuat dari kerang.

Transportasi:
Untuk menuju Sabang anda harus menempuh perjalanan dengan jarak sekitar 18 mil dan dapat ditempuh selama 45 menit hingga 2 jam. Ada dua jenis kapal yang dapat mengangkut Anda ke Sabang, yaitu kapal barang (lambat) dan kapal penumpang (cepat). Tarifnya berkisar antara Rp. 55.000,-.

Akomodasi:
Anda dapat menemukan beragam penginapan di kota Sabang. Akomodasi yang ada di pusat Kota Sabang seperti Nagoya Inn Hotel, Putra Salju Hotel, Holiday Hotel ataupun kelas penginapan hotel melati.

Related Articles

Add Comment