Soft Trekking di Batu Kucing Sembalun

Category: Tempat Wisata 38 0

Gunung Rinjani merupakan gunung yang berdiri kokoh di Pulau Lombok. Gunung Rinjani pun menyajikan keindahan alam yang tidak ada habisnya. Dengan bereksplorasi anda pun bisa ambil bagian dalam memperkenalkan keindahan salah alam Indonesia khusunya Gunung Rinjani. Nah jika pada artikel sebelum banyak membahas tentang keindahan alam di kaki Gunung Rinjani, kali ini ada yang namanya Batu Kucing. Kawasan yang masih berada di areal Gunung Rinjani ini menyimpan pesona yang memikat hati para wisatawan. Panorama alamnya yang indah membuat kawasan Batu Kucing ini digunakan sebagai kawasan soft trekking.

Soft Trekking di Batu Kucing Sembalun

Lokasi:
Batu Kucing terletak di kaki Gunung Rinjani, tepatnya di daerah Sembalun Lawang Kabupaten Lombok Timur, NTB. Untuk mencapai lokasinya, Anda bisa berjalan kaki dari Plawangan Sembalun dengan waktu tempuh 15 menit.

Nama Batu Kucing atau disebut juga Batu Meong diberikan karena di areal bukit terdapat beberapa batu yang menyerupai kucing. Rata-rata para wisatawan menghabiskan waktunya untuk menikmati keindahan alam Batu Kucing sembari seof trekking. Batu Kucing sendiri berada pada ketinggian 400 meter dari permukan tanah dan 1700 meter dari laut. Dari sudut ini, anda bisa melihat pemandangan hamparan hijau sawah-sawah milik warga dan perkampungan yang asri di sekitar Sembalun.

Suasana alamnya pun terbilang sangat bersahaja. Udaranya yang sejuk yang berbalut kabut tebal membuat anda serasa berada di atas awan. Jangan heran jika banyak wisatawan yang rela menghabiskan waktunya menikmati keindahan alam yang tersaji di Batu Kucing ini. Bisa dibilang Batu Kucing merupakan kawasan yang sangat ideal untuk para pecinta alam, dan fotografi. Anda bisa mengabadikan momen istimewa di batu kucing dengan latar belakang siluet Gunung Rinjani.

Rute:
Untuk menuju Sembalun kita bisa memilih satu dari dua rute yang bisa ditempuh. Rute pertama adalah Masbagik – Aikmel- Suela – Lemor – Pesugulan – Pusuk Sembalun. Rute kedua melewati Gunung Sari – Pusuk Pass – Pamenang – Tanjung – Bayan – Sajang. Dengan kendaraan pribadi Sembalun bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam. Sedangkan jika dengan angkutan kota sekitar 4,5 jam.

Related Articles

Add Comment