Surga Tersembunyi di Pulau Moyo

Category: Tempat Wisata 950 0

Pernah mendengar nama Pulau Moyo? Mungkin sebagian dari anda merasa asing dengan nama pulau tersebut. Padahal Pulau Moyo merupakan salah satu Pulau surga yang ada di Indonesia. Bahkan beberapa tokoh dan artis dunia pun pernah berkunjung ke Pulau Moyo. Sebut saja nama, mendiang Lady Diana, serta putranya Pangeran William, Mick Jagger dan pesepakbola mantan kiper Manchester United Edwin Van Der Sar pernah mengunjungi pulau tersembunyi ini. dan mereka pun jatuh hati dengan pesona Pulau Moyo.

Surga Tersembunyi di Pulau Moyo

Pulau Moyo ditetapkan sebagai taman wisata alam laut sejak 24 Desember 1986. Pulau Moyo adalah sebuah pulau dengan luas sekitar 350 kilometer persegi dan garis pantai sepanjang 88 kilometer.

Sepanjang garis pantainya terhampar pasir putih yang sangat mengagumkan. Butiran pasirnya yang lembut membuat semua orang yang berkunjung menjadi betah berlama-lama di Pulau Moyo. Belum lagi jika anda masuk ke dalam pulau, anda akan menemukan sebuah air terjun yang memiliki rupa keindahan yang tiada duanya. Berlibur di Pulau Moyo menjadi alternatif yang pas bagi anda yang memimpikan suasana liburan yang tenang dan nyaman, penuh dengan kedamaian yang tersaput oleh indahnya alam Pulau Moyo.

Surga Tersembunyi di Pulau Moyo

Transportasi:
Untuk dapat menginjakkan kaki di Pulau Moyo, anda bisa menempuh dua jalur yakni jalur darat-laut dan jalur udara. Untuk jalur darat, anda dapat menggunakan mobil sewaan dari Kota Mataram menuju Pelabuhan Kayangan Lombok dengan lama perjalanan sekitar dua jam. Dari pelabuhan anda bisa menyeberang Pelabuhan Poto Nano yang memakan waktu satu atau dua jam. Dari pelabuhan Noto anda pun bisa melanjutkan perjalanan menuju Sumabawa Besar sekitar setengah jam. Nah, dari sini anda tinggal menyeberang ke Pulau Moyo sekitar dua jam. Kapal motor biasanya berangkat dua kali tiap hari, yaitu pada jam 09.00 dan 11.30. Ongkosnya sekitar Rp 20 ribu – Rp 25 ribu per orang. Jangan sampai ketinggalan kapal jika tidak ingin menunggu seharian.

Untuk perjalanan ke Pulau Moyo via jalur udara, anda bisa memakai jasa maskapai penerbangan yang melayani rute jarak dekat, salah satunya adalah jalur Mataram-Sumbawa Besar. Pesawat yang digunakan memang berukuran kecil, yaitu Fokker 50, dan penerbangan untuk jalur ini hanya tersedia setiap hari Selasa dan Jumat. Tapi anda bisa menghemat waktu karena waktu tempuhnya lebih singkat yakni setengah jam saja dari Mataram ke Sumabawa Besar.

Lokasi:
Pulau Moyo terletak 2,5 kilometer dari Pulau Sumbawa dan termasuk wilayah Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Related Articles

Add Comment