Taman Nasional Tangkoko – Rumah Primata Terkecil di Dunia

Category: Tempat Wisata 88 0

Bekunjung ke Sulawesi, jangan lewatikan untuk singgah ke Taman Nasional Tangkoko. Taman Nasional ini memiliki luas sekitar 8.718 hektar. Disini anda bisa melihat primata terkecil di dunia yang dikenal dengan sebutan tangkasi atau tarsius. Primata yang memiliki nama ilmiah Tarsius spectrum ini merupakan hewan endemik Sulawesi. Tarsius menjadi daya tarik utama Taman Nasional Tangkoko. Keunkan dari Tarsius ini adalah primata ini dapat memutar kepala 180 derajat dan memiliki golongan darah O seperti manusia.

Taman Nasional Tangkoko - Rumah Primata Terkecil di Dunia

 

Primata pemalu ini memiliki ukuran tubuh yang mungil, panjangnya sekitar 10-15 cm dengan berat sekitar 80 gram. Meskipun bertubuh mungil, Tarsius mampu melompat sejauh 3 meter atau hampir 10 kaki dari satu pohon ke pohon lainnya. Sisi unik lainnya dari Tarsius adalah jari jemarinya yang panjang, yang memudahkannya untuk menempel diantara batang-batang pohon. Tarsius juga memiliki ekor yang panjang. Tarsius memiliki bola mata yang cukup besar, bahkan ukuran bola matanya lebih besar dari otaknya. Mata yang besar ini sangat bermanfaat untuk aktivitas di malah hari. Karena memang Tarsius merupakan hewan nocturnal atau yang beraktiivitas di malam hari. Tarsius menghabiskan waktu siang dengan tidur.

Taman Nasional Tangkoko - Rumah Primata Terkecil di Dunia

 

Ada 9 jenis tarsius di dunia, 2 di Filipina dan 7 sisanya terdapat di Sulawesi. Dua jenis yang paling terkenal terdapat di Indonesia yaitu kera hantu (Tarsius tarsier) dan tarsius kerdil atau krabuku kecil (Tarsius pumilus atau Pygmy tarsier). Tarsius pumilus merupakan jenis tarsius terkecil dengan panjang tubuh antara 93-98 milimeter dan berat 57 gram. Panjang ekornya antara 197-205 milimeter.

Selain Tarsius, Taman Nasional Tangkoko juga merupakan ekosistem kera hitam, burung maleo, dan burung enggang, yaki (Macaca nigra), kuskus (Phalanger ursinus). Selain itu disini juga terdapat ragam satwa lainnya. Ada sekitar 26 jenis mamalia dan 10 diantaranya adalah endemik Sulawesi, ada juga 180 jenis burung dan 59 diantaranya endemik Sulawesi serta 5 hewannya asli hanya ada di Sulawesi Utara, ada 15 jenis reptil dan amfibi.

3188846447_5eef480d29_o_002

 

Kegiatan lain yang bisa anda lakukan di sini adalah trekking, berenang di pantai, atau menikmati panorama bukit dan lembah hijau yang indah.

Lokasi
Taman Nasional Tangkoko terletak di sebelah utara Pelabuhan Samudera Bitung tepatnya di kaki Gunung Dua Saudara, Bitung.

Transportasi
Untuk menuju Taman Nasional Tangkoko anda bisa memulai perjalanan dari Manado menuju Bitung dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Anda bisa menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi menuju Tangkoko.

Akomodasi
Di sekitar taman nasional ini tersedia cottage dan restoran kecil. Di Batuputih dapat Anda temukan penginapan atau homestay yang disewakan dengan beragam harga.

 

Related Articles

Add Comment