Tapian Puti – Pemandian Alam Asri di Pariaman Sumatera Barat

Category: Tempat Wisata 459 0

Tapian Puti – merupakan kolam renang alami yang menjadi tempat wisata favorit warga Lubuk Alung. Sumber Air Tapian Puti ini adalah aliran air dari atas bukit yang mengalir turun ke bawah membentuk beberapa air terjun kecil dengan kolam-kolam kecil di bawah air terjunnya. Kolam kecil inilah yang sering digunakan pengunjung untuk berendam ataupun mandi.

Tapian Puti - Pemandian Alam Asri di Pariaman Sumatera Barat

Lokasi:
Tapian Puti ini terletak sebelah timur kota Pariaman, berjarak kurang lebih sekitar 25 Kilometer dari kota Pariaman atau sekitar 40 Kilometer dari Kota Padang. Secara geografis letaknya tepat berada di daerah Korong Sikabu Bukik, Nagari Sikabu, Kecamatan Lubuk Alung, Pariaman, Sumatera Barat.

Transportasi:
Untuk menuju ke lokasi pemandian alami ini, sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil ataupun motor. Anda tak akan menemukan kendaran umum yang menuju lokasi tersebut. Anda dapat menyewa kendaraan umum baik dari kota Padang ataupun dari Kota Pariaman. Harga sewa mobil rata-rata sekitar Rp 450.000 per harinya, sudah termasuk mobil, bensin dan sopir.

Dari kota padang atau Pariaman, perjalanan dilanjutkan menuju Nagari Sikabu, kemudian lanjut ke pintu masuk di Korong Sikabu yang berjarak hanya 1.6 km. Sesampai disana anda akan berada pada sebuah lahan kosong perbukitan. Dari sini anda masih harus berjalan kaki menuruni bukit. Jika anda takut tersasar anda bisa menggunakan jasa pemandu yang dihargai sekitar Rp 100.000 untuk antar pergi dan pulang.

Pesona Wisata:
Selama berjalan kaki menuju lokasi pemandian Tapian Puti, anda akan disuguhi pemandangan lama yang menakjubkan. Kicauan burung seakan menyapa kedatangan anda. Udara yang sejuk dan segar akan mengurangi rasa lelah anda. Lalu setibanya di lokasi pemandian, anda anda dibuat takjub oleh riak dan gemericik air yang sangat jernih dan bersih. Sudah terbayang bukan bagaimana rasanya jika berendam di dalamnya. Selagi berendam, anda pun dapat menikmati pemandangan di sekitar sambil menghirup udara bersih dan sejuk yang akan membuat pikiran menjadi tenang dan nyaman.

Pemandian ini memiliki tujuh tingkatan yang berbeda. Di setiap tingkatannya anda bisa merasakan sensasi yang berbeda yang disertai dengan air terjun di setiap tingkatnya. Menurut legenda setempat, dahulu Tapian Puti dipercaya tempat bertemunya Malin Deman dan Putri Bungsu untuk memadu asmara. Dalam cerita tersebut, dikisahkan bahwa Putri bungsu adalah putri terakhir dari tujuh putri yang berasal dari khayangan.

Selain menjadi tempat wisata favorit, pemandian alami Tapian Puti ini juga digunakan oleh masyarakat setempat sebagai tempat melakukan tradisi balimau. Tradisi balimau adalah tradisi mandi untuk membersihkan diri dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadhan. Jika saat itu tiba, maka tempat ini akan penuh sesak oleh pengunjung dan pedagang dadakan.

Related Articles

Add Comment