Tetebatu – Surga di Kaki Selatan Gunung Rinjani

Category: Tempat Wisata 96 0

Bagi anda pecinta alam, Tetabatu merupakan objek wisata yang wajib anda kunjungi. Kawasan yang berada di Pulau Lombok ini bisa dibilang sebagai surga di kaki selatan gunung Rinjani. Nuansa alam yang tersaji benar-benar memancarkan pesona tiada duanya.

 Tetebatu - Surga di Kaki Selatan Gunung Rinjani

Pesona Tetabatu akan membuat anda terkesima dan tak ingin beranjak meninggalkan kawasan surga di kaki gunung rinjani itu. Sejauh mata memandang, anda bisa menyaksikan betapa indahnya pemandangan alam dengan hamparan hijau sekitar Gunung Rinjani. Beralih ke arah utara anda akan menemukan keindahan lautan biru yang mendamaikan hati,.

Sejatinya Tetabatu merupakan tempat peristirahatan yang sempurna untuk para wisatawan sebelum melanjutkan perjalanannya. Lingkungannya yang asri dengan nuansa alam yang penuh kesejukan membuat para pelancong serasa enggan untuk beranjak. Ditambah lagi dengan bentangan cakrawala yang senantiasa tertuto awan yang membuat sang mentari sedikit redup dan membawa nuansa kalem nan damai. Iklim seperti ini juga sangat cocok untuk bertani tembakau dan padi seperti yang banyak dilakukan oleh penduduk setempat.

Jika ingin menikmati keindahan Tetebatu dengan lengkap, Anda bisa menyewa sepeda kepada masyarakat setempat. Atau jika ingin lebih tradisional, Anda bisa naik cidomo menikmati keindahan suasana. Selain pemadangannya yang memukau, Tetebatu yang mayoritas dihuni oleh orang suku Sasak ini juga dikenal dengan atraksi budayanya yang menarik. Ritual-ritual tradisional masih sangat kental dilakukan di sini. Tidak itu saja, masyarakat Sasak di Tetebatu juga dikenal sebagai penghasil kerajinan tangan yang sangat laku di pasaran.

Selain itu anda pun bisa melakukan berbagai aktivitas seru disana. Bagi anda yang gemar berenang, anda wajib mencoba sensasi berenang di sungai yang ada di Tetabatu. Rasakan saja sensasi dinginnya air sungai yang akan membuat anda mengigil namun tetap menyenangkan. Untuk anda yang menyukai tantangan, anda bisa melakukan trekking di sekitar kaki gunung Rinjani.

Dan jangan lupa untuk pergi mengunjungi air terjun yang terletak di sekitar Tetabatu. Air terjun ini bernama air terjun Jukut atau yang juga sering disebut sebagai air terjun Jeruk Manis. Air terjun jeruk manis ini memiliki cutrah air yang cukup besar dan jernih. Air terjun ini punya ketinggian sekitar 40 meter ini dipercaya dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit terutama juga berkhasiat untuk menyuburkan rambut.

 Tetebatu - Surga di Kaki Selatan Gunung Rinjani

Selain air terjun Jukut, Anda harus mampir ke air terjun yang kedua yakni air terjun Joben yang terletak di barat lau Tetebatu. Berbeda dengan air terjun Jukut yang aliran airnya deras, di Joben airnya tidak terlalu besar. Cocok bagi yang hanya ingin duduk menikmati keindahan alam.

 Tetebatu - Surga di Kaki Selatan Gunung Rinjani

Untuk mencapai Tetabatu, anda bisa memulai perjalanan dengan naik bus dari terminal utama di Mataram ke Pomotong yang jaraknya 12 km dari Tetebatu. Dari Pomotong, Anda bisa naik bemo ke Kotaraja diteruskan dengan cidomo ke Tetebatu. Namun jika ingin lebih mudah, anda bisa menggunakan jasa taksi atau travel.

Related Articles

Add Comment