Tirta Gangga – Taman Air Warisan Kerajaan Karangasem Bali

Category: Tempat Wisata 214 0

Jika anda sedang berlibur ke Bali, tidak ada salahnya jika anda meluangkan waktu untuk pergi berwisata ke daerah Bali Timur. Tepatnya di Kabupaten Karangasem, anda bisa menemukan sebuah taman air peninggalan kerajaan Karangasem yang bernama Tirta Gangga.

Tirta Gangga - Taman Air Warisan Kerajaan Karangasem Bali

Taman air Tirta Gangga ini dulunya merupakan taman air kerajaan miliki keluarga Karangasem. Tirta Gangga terletak di desa Ababi, Kabupaten Karangasem. Jika anda memulai perjalanan dari denpasar, anda akan menempuh perjalanan sekitar 83 km atau sekitar 2 jam.

Nama Tirta Gangga diambil dari asal kata “tirta” yang berarti air dan “gangga” yang merupakan nama seorang Dewi dalam agama Hindu yang dipuja sebagai dewi kesuburan dan pembersih segala dosa dengan air suci yang dicurahkannya. Di kawasan ini terdapat sumber mata air yang dianggap suci oleh umat Hindu setempat. Mata air ini juga digunakan sebagai kebutuhan dasar air dan juga sebagai air suci untuk mentralisir setiap energi negatif.

Tirta Gangga dibangun pada tahun 1948 atas prakarsa Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem. Arsitektur taman air ini merupakan perpaduan dari arsitektur gaya Bali dan Cina. Taman Air Tirta Gangga memiliki luas area 1,2 ha yang terdiri dari tiga tingkatan tanah yakni tingkat menengah, bhur, dan bwah. Di setiap tingkatan memiliki ciri khas masing-masing, misalnya pada tingkat Bhur terdapat kolam besar dengan sebuah pulau di tengah-tengahnya. Di tingkat menengah, tingkat Bwah terdapat sebelah buah air mancur Nawa Sanga.

Selain itu, Taman Air Tirta Gangga juga memiliki keunikan beberapa patung yang ada di dalamnya. Jumlah kolam yang ada sebanyak 4 buah kolam. Dimana 2 kolam sering digunakan oleh wisatawan untuk mandi atau berenang.

Di bagian atas, anda akan menemukan pura luhur tempat persembahyangan umat hindu. Kemudian terdapat pula restoran dan penginapan yang ada di sebelah kanan atas pura. Di area pintu masuk anda akan disambut oleh deretan toko=toko souvenir khas Bali dan beberapa jejeran restoran.

Harga tiket masuknya pun tidak terlalu mahal, hanya 10.000 rupiah untuk kategori dewasa dan 5.000 rupiah untuk anak-anak. Kemudian jika anda ingin berenang di salah satu kolam, anda akan dikenai tiket kembali seharga 5.000 rupiah (sumber: kunjungan pribadi penulis pada awal tahun 2014).

Anda pun bisa menikmati hamparan pemandangan persawahan yang ada di sekitar objek wisata ini (bagian luar). Air kolamnya yang jernih dan dihiasi ikan-ikan membuat momen liburan anda menjadi semakin asik dan nyaman. Tirta Gangga merupakan sebuah warisan kerajaan Bali yang harus dijaga keasriannya.

Related Articles

Add Comment