Toko Oen Semarang – Salah Satu Restoran Tertua di Indonesia

Category: Tempat Wisata 336 0

Bagi anda pecinta kuliner yang sedang berlibur di kota Semarang, pastikan anda tak lupa untuk berkunjung ke salah satu restoran legendaris yang ada disana. Namanya Toko Oen. Tentu sudah tak terdengar asing lagi di telinga kita. Toko Oen merupakan salah satu restiran tertua di Indonesia yang menyajikan menu masakan Indonesia, Chinese Food dan Belanda. Toko Oen pun terdapat di beberapa kota besar di pulau Jawa seperti Jakarta, Semarang, Surabaya dan Malang.

Toko Oen Semarang - Salah Satu Restoran Tertua di Indonesia | Biasputih.com
Berarsitek bangunan kuno khas zaman belanda, Toko Oen menjadi salah satu yempat wisata kuliner yang selalu menarim perhatian wisatawan. Dari luar, Toko Oen Semarang terlihat sangat sederhana. Toko ini tidak memiliki halaman yang luas karena letaknya berada persisi di pinggir jalan. Untuk tempat parkirnya sendiri hanya menggunakan sebuah gang yang berada di samping jalan depan toko ini sendiri. Selain menyajikan menu makanan lezat ala Indonesia, Chinese dan belanda, Toko Oen juga dikenal akan es krim dan rotinya yang menggugah selera. Kebanyakan wisatawan berkunjung ke Toko Oen hanya untuk mencoba varian es krim dan roti yang ada disana. Nuansa bangunan dan ruangan kuno yang ada di dalam Toko Oen memberikan kesan yang begitu spesial seakan membawa kita kembali ke masa lampau. Sejak berdiri 1936 hingga sekarang, bisa dikatakan tidak ada yang berubah dengan Toko Oen ini. Toko ini juga menjadi tempat tongkrongan muda mudi di akhir pekan atau sore menjelang petang.

Toko Oen awalnya merupakan restoran miliki seorang inggris yang bernama Grillroom. Namun pada tahun 1936 dibeli oleh Oen Tjoe Hok yang kemudain diwariskan kepada Oen Liem Hwa. Sedangkan manager yang mengelola operasi restoran ini bernama Djoa Kok Tie. Seiring perkembangan zaman Toko Oen pun diwariskan kepada anak-anak keluarga Oen. Toko Oen Semarang dikelola oleh keluarga Megaradjasa.

Toko Oen Semarang - Salah Satu Restoran Tertua di Indonesia | Biasputih.com

TOKO OEN Semarang
Alamat: Jl. Pemuda 52 Semarang 50138
Nomor Telepon : 024 3541683
Website: http://www.tokooen.com (Menggunakan Bahasa Belanda)
email: info[at]tokooen.com
Buka setiap hari 10:00 am – 10:00 pm

Related Articles

Add Comment