5 Kesalahan Sepele yang Bikin Repot Saat Traveling

Category: Tips Wisata 26 0

Jalan-jalan merupakan kegiatan yang banyak dinanti oleh setiap orang. Tujuannya pun beragam. Entah itu jalan-jalan di satu wilayah (domestik) ataupun jalan-jalan ke luar negeri. Jalan-jalan tentu taj lepas dari persiapan segala macam. Mulai dari perlengkapan seperti pakaian, tas, tiket peswat, paspor dan lain-lain. Anda pun tentu tak ingin perjalannan anda terganggu oleh beberapa hal sepela yang seharusnya bisa diatasi sebelum perjalanan. Nah berikut ini 5 kesalahan sepele yang bisa mengganggu kenyamanan jalan-jalan anda.

5 Kesalahan Sepele yang Bikin Repot Saat Traveling

1. Tidak mengecek tanggal kadaluarsa paspor
Terdengar cukup simpel dan sepele, namun dampaknya sangat besar. Anda bisa batal melakukan perjalanan ke luar negeri jika paspor anda ternyata telah habis masa berlakunya. Masa berlaku paspor untuk perjalanan ke luar negeri adalah sekurang-kurangnya adalah 6 bulan sebelum masa perpanjangan. Jadi jika sudah memasuki masa tenggang tersebut, bersiap-siap untuk memperpanjang masa berlaku paspor atau anda terancam tidak jadi pergi jalan-jalan ke luar negeri. Tentu anda tidak mau tiket pesawat anda hangus, terlebih lagi anda telah memesan tiket hotel dan segala macamnya.

2. Memesan tiket lanjutan perjalanan dengan jadwal sangat ketat
Jika anda harus melewati beberapa proses perjalanan, baik dari pesawat satu ke pesawat lain, atau dari pesawat dan lanjut dengan kereta api atau bis, dan sebagainya, ada baiknya anda memberi rentang waktu jeda sekitar 2 jam dari waktu perjalanan selanjutnya. Hal ini tentu untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang tak dinginkan, misalnya saja faktor cuaca yang sering menjadi penyebab keterlambatan keberangkatan pesawat.

3. Membawa barang tidak lengkap
Saat anda berpergian kemana saja, usahakan untuk selalu membawa perlengkapan yang sesuai dengan kebutuhan anda nantinya. Misalnya saja untuk masalah obat-obatan. Jika anda diharuskan untuk mengkonsumsi jenis obat tertentu, maka ada baiknya anda membawanya dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya. Hal ini untuk berjaga-jaga seandainya hal buruk terjadi. Selain itu di negera tujuan lain, harga obatnya pun tak sama, bisa saja lebih mahal. Ada baiknya juga kamu membawa P3K untuk berjaga-jaga jika berada dalam kondisi darurat. Dan, jangan lupa membawa charger universal jika kamu berencana ke luar negeri, karena tidak semua negara memiliki soket yang sama dengan di Indonesia.

4. Membawa terlalu banyak barang
Jangan membawa barang secara berlebihan, bawa barang seperlunya saja. Selain menambah beban, bisa jadi kamu juga harus mengeluarkan biaya ekstra karena kelebihan beban di bagasi pesawat.

5. Menukar uang di tempat yang mahal
Saat hendak menukar uang, jangan pada saat yang mepet. Anda bisa mengecek sejak 5-7 hari sebelumnya, hal ini untuk mencari perbandingan tempat mana yang memiliki nilai tukar yang paling bagus. Hindari menukar uang di bandara karena harganya cukup mahal. Kamu juga harus mengecek biaya yang harus kamu keluarkan jika menggunakan kartu kredit atau kartu ATM di negara lain.

Related Articles

Add Comment