6 Tips Mencegah Kerusakan Koper di Pesawat

Category: Tips Wisata 883 0

Kerusakan koper di pesawat memang sering terjadi. Dan beberapa diantara para traveller pernah merasakannya. Banyak faktor yang menyebabkan kerusakan koper atau tas di dalam pesawat. Maka dari itu ada baiknya anda mengikuti beberapa tips berikut untuk mencegah terjadinya insiden kerusakan koper di dalam pesawat.

6 Tips Mencegah Kerusakan Koper di Pesawat

1. Pilih maskapai yang terpercaya
Langkah pertama pilihlah maskapai penerbangan yang memiliki reputasi yang bagus dan terpercaya. Nama besar sebuah maskapai belum tentu menjamin keamanan koper anda ketika di dalam pesawat. Tidak semua maskapai memiliki kontrol yang baik terhadap koper di dalam pesawat. Maka dari itu pilihlah maskapai yang anda percaya dan tidak pernah mengalami kasusu komplain terhadap kerusakan koper di dalam pesawat.

2. Wrapping
Sebelum koper anda dimasukkan ke dalam bagasi, ada baiknya anda meminta layanan wrapping yang ada di setiap bandara. Dengan melakukan wrapping pada tas/koper, akan meminimalisir terjadi kerusakan terhadap koper anda ketika berada di dalam bagasi pesawat, apalagi jika terjadi goncangan. Sekuat apapun koper anda, pasti rentan terhadap kerusakan. Untuk dapat menggunakan jas wrapping tas/koper biasanya tersedia di setiap bandara dengan tarif layanan sekitar Rp 30.000-35.000 untuk satu koper.

3. Jangan simpan barang berharga di koper
Ingat! Jangan pernah menyimpan barang atau benda berharga anda di dalam tas/koper. Sudah diketahui secara umumn jika pihak bandara sering membobol tas dan koper yang masuk bagasi. Hal ini pun sudah banyak kasusnya. Maka dari itu anda harus memperhatikan hal yang satu ini. untuk mengakalinya, anda bisa membawa tas kecil untuk penyimpanan benda atau barang berharga anda. Jangan lupa bawa tas kecil tersebut masuk ke dalam kabin pesawat.

4. Minta stiker ‘fragile’
Jika di dalam tas atau koper anda terdapat benda atau barang pecah belah maka mintalah stiker “fragile” untuk menandai jika di dalam tas atau koper anda terdapat benda/barang pecah belah. Hal ini untuk memudahkan petugas dalam memindahkan tas atau koper.

5. Koper berkualitas
Bawalah koper atau tas yang berkualitas. Jangan terkecoh dengan tampilan. Saat ini pun banyak beredar tas dan koper murah dengan desain yang unik dan menarik. Umumnya harga menentukan kualitas. Jadi untuk kenyamanan anda, usahakan untuk membawa tas atau koper yang bagus.

6. Jika koper rusak, jangan tinggal diam
Jika anda menemukan kerusakan pada koper anda, jangan ragu untuk minta penjelasan terhadap pihak yang berwenang. Anda bisa meminta ganti rugi untuk hal tersebut.

Related Articles

Add Comment