7 Tips Berlibur Saat High Season

Category: Tips Wisata 37 0

Setiap orang pasti mendambakan liburan. Namun tidak semua orang bisa berlibur di hari-hari yang diinginkan. Terutama para pekerja kantoran yang super sibuk. Umumnya mereka hanya kebagian libur saat hari-hari libur besar saja. Itu artinya mereka mendapat jatah liburan di masa High season. High Season tentu berbeda dengan hari-hari lainnya. Pada masa high season semua fasilitas dan harga melambung tinggi. Lantas bagamaiana caranya untuk bisa berlibur di masa high season tetap menyenangkan dan dompet tidak terkuras banyak? Yuk, simak tips berikut ini.

7 Tips Berlibur Saat High Season

1) Jangan Pernah Go-Show
Go-Show merupakan liburan spontan tanpa persiapan. Menyenangkan memang, tapi go-show saat high season? Nampaknya bukan pilihan yang cerdas. Jangan melakukan Go-Show tanpa merencanakan segala hal dengan matang.

2) Tentukan Budget dan Berkomitmen
Budget adalah hal yang penting untuk diperhatikan pada saat high season. catat apa saja yang diperlukan pada saat liburan nanti. Bila perlu menabunglah dari jauh-jauh hari. Selain itu atur lah besarnya pengeluaran anda saat liburan nanti. Tentu anda tidak mau uang anda habis terkuras selama liburan.

3) Jeli Melihat Promo
Ada baiknya sebelum berlibur, anda meluangkan waktu untuk memantau beragam promo yang diberikan tiap-tiap jasa wisata. Misalnya saja promo tiket pesawat, diskon hotel dan lainnya. Lihat juga perbandingan harga dengan media transportasi lainnya seperti kereta api, bus maupun kendaraan sewaan.

4) Tentukan Peta Perjalanan
Menentukan peta perjalanan atau itinerary sebelum pergi berlibut pada saat high season sangatlah penting. Anda bisa lebih menghemat waktu perjalanan, karena arah perjalanan anda sudah ditentukan sebelumnya. Anda pun bisa menghindari kebingungan saat hendak menuju suatu lokasi.

5) Cari Alternatif
Jangan lupa untuk selalu memantau perkembangan wisata di daerah yang akan anda kunjungi. Anda bisa menegecek melalui internet, objek wisata mana yang ramai dikunjungi para wisatawan. Khusus untuk masa high season, sangat dianjurkan untuk tidak mengunjungi tempat wisata yang ramai. Anda bisa mengunjungi tempat wisata yang tidak begitu dikenal, namun memiliki pesona yang indah.

6) Turunkan Standar
High season adalah saat dimana semua harga bisa melonjak dua kali lipat harga normal. Maka dari itu cobalah untuk menurunkan standar berlibur anda. Misalnya saja jika selama ini anda biasanya menginap di hotel berbintang, sesekali tak ada salahnya jika mencoba menginap di hotel yang lebih murah namun tetap nyaman. Jangan lupa untuk menhemat pengeluaran. Jika biasanya anda menggunakan kendaraaan sewaan yang mewah, mungkin sesekali anda bisa berjalan kaki menyusuri keindahan daerah yang anda kunjungi.

7) Cari Celah untuk Menekan Biaya
Alternatif yang terakhir adalah carilah celah untuk menghemat pengeluaran anda. Misalnya saja jika di saerah tujuan wisata anda memiliki sanak keluarga, anda bisa menginap disana. Selain menekan pengeluaran, tentu saja anda bisa bersilaturahmi dnegan keluarga anda.

Related Articles

Add Comment