Bali dan Jakarta Akan Menjadi Destinasi MICE Kelas Dunia

Category: Tips Wisata 76 0

Bali merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di dunia. Sudah barang tentu Bali memiliki potensi yang besar di beberapa sektor. Bali memiliki keunggulan di dalam tida hal yakni budaya (culture), alam alam (nature), dan pelayanan (hospitality). Tiga hal ini jika dioptimalkan dengan baik bisa menjadi lahan subur bagi pemasukan kas negara. Tak salah jika ajukan menjadi salah satu destinasi MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibiton) kelas dunia bersama dengan ibu kota Jakarta.

Bali dan Jakarta Akan Menjadi Destinasi MICE Kelas Dunia

Hal ini menjadi target Kementerian Pariwisata untuk menjadikan Bali dan Jakarta menjadi destinasi MICE kelas dunia. Seperti yang telah dikatakan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam rangkaian kunjungannya di Bali menyebutkan bahwa kegiatan MICE di Bali sudah maju. Hanya saja Bali belum memiliki Convention hall besar yang mampu menampung 50-100 ribu orang. Oleh karena itu sektor ini akan diupayakan digeber untuk daerah Bali.

Dalam diskusi dengan Bali Tourism Board dan pelaku industri wisata, Pak Menteri mengatakan jika hal tersebut akan menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis MICE di Bali. Di Jakarta sendiri akan di buka Convention Hall berkapasitas 100 ribu orang yang berlokasi di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD).

Jika dilihat dari hasil riset ICCA (International Congress & Convention Association), Bali dan Jakarta layak dikatakan sebagai existing destination berdaya saing internasional untuk MICE karena beberapa faktor, yaitu: (1) Memiliki bandara internasional dan direct fligt puluhan kota di dunia; (2) Memiliki ratusan atraksi wisata, tempat hiburan, restoran standar nasional dan internasional, serta pusat perbelanjaan; (3) Memiliki ratusan hotel berbintang dengan standar internasional; (4) Memiliki fasilitas meeting yang mampu menampung lebih dari 10 ribu orang; (5) Memiliki pengalaman yang baik sebagai tuan rumah berbagai meeting dan event internasional; (6) Infrastruktur yang cukup baik; (7) Memiliki berbagai pemain industri MICE.

Untuk wilayah Bali, pembangunan kemungkinan akan lebih di fokuskan di wilayah Bali bagian barat dan utara. Kedua wilayah ini masih tergolong sepi dari infrastruktur dan pembangunan terutama di sektor pariwisata. Padahal kedua wilayah ini memiliki potensi yang sangat bagus jika dikembangkan dan dikelola secara profesional.  Sebut saja Taman Nasional Bali Barat yang telah menjadi daya tarik pariwisata bahari seperti di Pulau Menjangan dan Pemuteran. Di Bali sendiri, saat ini pengembangan MICE masih terpusat di Bali bagian selatan.

Related Articles

Add Comment