Festival Teluk Tomini 2014

Category: Tips Wisata 48 0

Bulan September nampaknya menjadi bulan yang tepat bagi Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mengadakan berbagai agenda acara. Yang terbaru adalah Festival Teluk Tomini. Festival ini merupakan salah satu rangkaian acara dari Peringatan Hari Nusantara yang puncaknya akan diselenggarakan di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Festival ini juga sekaligus menjadi ajang pemanasan untuk menyambut Sail Tomini 2015.

Festival Teluk Tomini 2014

Festival yang berlangsung dari tanggal 7-13 September ini menhadirkan beragam jenis kegiatan seperti Tomini Expo, lomba memasak hasil laut Teluk Tomini, pertunjukan seni, juga lomba fotografi bawah laut.

Festival Teluk Tomini 2014 resmi dibuka oleh Dirjen Pemasaran Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Esthy Reko Astuty, bersama Wakil Gubernur Sulteng Sudarto dan Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu di Desa Lebo, Kecamatan Parigi, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah (7/9).

Meskipun baru pertama kali diselenggarakan, festival ini sudah berjalan dengan baik. Festival ini juga diharapkan mampu mengangkat perekonomian warga setempat dalam jangka waktu ke depan melalui sektor pariwisata. Teluk Tomini merupakan teluk terbesar di Indonesia dan berada tepat di garis khatulistiwa, maka dari itulah potensinya harus digali secara optimal. Selain itu melalui gelaran Festival Teluk Tomini diharapakan mampu membuka investasi khusunya di sektor kelautan dan perikanan sehingga menciptakan komoditas kelautan dan perikanan yang berkualitas dan berkelanjutan.

Dalam pagelaran perdana tersebut juga menampilkan beragam atraksi khas warga lokal seperti tari gavu nabuke yang merupakan kesenian dari suku kaili di Kabupaten Parigi Moutong. Selain itu tersedia pula ratusan booth pameran yang memamerkan industri kreatif seperti oleh-oleh khas setempat, kerajinan kayu, serta ragam kuliner yang dipersembahkan oleh ibu-ibu PKK dari 20 kecamatan di Kabupaten Parigi Moutong. Menariknya lagi, pengunjung diperbolehkan untuk mencicipi beragam makanan hasil perkebunan dan kelautan seperti nasi jagung, ikan kuah asam, lalampa, es kedondong rumput laut, mie ubi, dan masih banyak lagi.

Selain menikmati wisata bahari, pengunjung juga bisa melihat tebing Likunggavali yang merupakan salah satu tebing terbaik di dunia bagi para atlet pemanjat tebing. Letaknya tidak jauh dari jalan utama dan terdapat air terjun di sana.

Wisatawan dapat mencapai tempat ini dengan menempuh perjalanan 2 jam dari Palu dengan melewati perbukitan, namun kondisi jalannya sudah sangat baik. Tertarik menyaksikan Festival Teluk Tomini? Masih ada beberapa hari lagi!

Related Articles

Add Comment