Ragam Kegiatan yang Bisa Anda Lakukan di Borobudur

Category: Tips Wisata 215 0

Borobudur merupakan salah satu objek wisata favorit di Indonesia. Hampir tiap tahunnya Borobudur selalu menjadi tujuan wisata dari berbagai kalangan wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Borobudur tak hanya menawarkan candinya yang megah, Borobudur juga menyiapkan beragam atraksi yang seru dan menarik yang bisa anda ikuti.

Jenis Kegiatan yang Bisa Anda Lakukan di Borobudur

Jelajah Desa
Sejatinya kawasan borobudur berada di sekeliling areal pedesaan yang asri. Dengan hawanya yang sejuk, anda bisa menjelajahi desa-desa sekitar kawasan borobudur dengan berjalan kaki, naik sepeda atau andong. Dan menariknya lagi di setiap desa anda bisa meliput keunikannya masing-masing. Misalnya saja di Desa Klipoh anda bisa belajar membuat gerabah. Di Desa Jowahan anda bisa menyaksikan joglo kuno yang usianya lebih dari 1 abad.

Bersepeda
Bersepeda di kawasan Borobudur tentu menjadi salah satu kegiatan yang bisa anda lakukan. Serunya bersepeda dengan di temani nuansa alam yang asri semakin membuat liburan anda menjadi lebih seru. Saat sore menjelang, Anda bisa bersepeda dari Candi Borobudur menuju Candi Pawon dan Candi Mendut, kemudian dilanjutkan dengan mengikuti ritual Chanting di Candi Mendut. Siang hari Anda bisa menyewa sepeda di dalam areal candi dan singgah ke Museum Kapal Samudraraksa dan Museum Karmawibhangga.

Safari Gajah
Selain bersepeda, anda juga bisa tur keliling kawasan Borobudur menggunakan Gajah. Disana tersedia safari gajah yang siap mengantarkan anda untuk berkeliling menyaksikan indahnya alam sekitar Borobudur.

Naik Kereta Kelinci (trackless train)
Jika anda berlibur bersama keluarga dan anak-anak anda. Salah saru rekomendasinya adalah tur menggunakan Kereta Kelinci. Anda bisa menggunakan kereta kelinci ini untuk mengelilingi kompleks candi Borobudur. Tentu dengan tarif sewa yang ditentukan. Dijamin anak anda pasti menyukainya.

Borobudur Sunrise
Menjelang pagi datang, anda bisa menyaksikan keindahan sang mentari menampakkan sinarnya dari ufuk timur. Ada dua tempat yang bagus untuk menyaksikan sunrise borobudur. Yang pertama adalah berdiri di puncak candi dan Anda akan merasakan keheningan pagi di tengah keagungan candi. Dan yang kedua adalah di puncak Bukit Punthuk Setumbu. Untuk mencapai tempat ini Anda harus berjalan kaki melintasi hutan dan ladang. Dari ketinggian 400 m dpl Anda akan disuguhi pemandangan Borobudur yang berselimutkan kabut.

Borobudur Sunset
Ada sunsrise tentu ada sunset. Untuk melengkapi momen indah tersebut anda bisa menuju kawasan atas candi untuk emnyaksikan sang mega temaram dalam pelukan angkasa. Cahaya temaramnya yang kian redup membawa nuansa damai dan hening bagi siapa saja yang melihatnya.

Wisata Kuliner
Dan sebagai penutup kegiatan anda setelaha seharian penuh berkeliling, anda bisa menikmati hidangan kuliner khas kota Jogjakarta. Banyak pilihan kuliner yang bisa anda coba, mulai gudeg, bakpia, atau sekedar noingkrong di angkringan juga bisa. Tentu saja Jogja akan meninggalkan kenangan yang indah untuk anda.

Related Articles

Add Comment