Tips Berenang Bagi Ibu Hamil

Category: Tips Wisata 41 0

Berenang merupakan salah satu olahraga yanga memiliki banyak manfaat. Bahkan untuk ibu hamil sekalipun dianjurkan untuk sesekali berenang. Adapun beberapa manfaat berenang bagi ibu hamil adalah:

– dapat membantu menjaga kesehatan jantung
– mengurangi beban tubuh
– meringankan rasa mual
– memperkuat otot-otot rahim
– memperkuat sendi-sendi panggul

Tips Berenang Bagi Ibu Hamil
Tentu dari semua manfaat tersebut diharapkan dapat membantu proses melahirkan bisa menjadi lebih mudah dan aman. Namun yang perlu diperhatikan, berenang baru boleh dilakukan oleh ibu hamil sejak trimester pertama hingga ketiga. Sbeenarnya mendekati waktu persalinan juga diperbolehkan, namun tentu dengan pengawasan dan lebih hati-hati. Nah jika anda seorang ibu hamil atau memiliki pasangan yang sedang hamil, mungkin tips berikut ini berguna untuk anda.

Gunakan pakaian renang yang aman dan nyaman
Jika ingin berenang, pastikan anda menggunakan pakaian renang yang nyaman dan aman. Karena biasanya pakaian renang itu ketat. Maka usahakan cari pakaian renang yang tidak terlalu ketat dan menekan perut.

Hati-hati ketika masuk ke dalam kolam renang
Ketika hendak memasuki kolam renang, sebaiknya anda memperhatikan langkah. Melangkahlah secara perlahan dan santai. Jangan sampai terjadi benturan pada bagian perut yang bisa menyebabkan rahim terguncang. Hindari pula masuk ke kolam dengan cara melompat.

Jangan berenang terlalu lama
Jangan berenang terlalu lama. Bagi anda yang jarang berenang, cukup berenang antara 5 – 10 menit. Jika ingin berenang lebih lama, bisa ditambahkan secara bertahap 1-2 menit setiap minggu. Sedangkan untuk anda yang sudah biasa berenang, juga tak boleh berenang lebih dari 30 menit. Berenang terlalu lama dapat meningkatkan suhu dalam kandungan, dan hal itu dapat membahayakan janin. Waktu yang dianjurkan untuk berenang adalah 3 kali dalam seminggu. Bagi yang tidak bisa berenang, bisa berjalan di kolam yang dangkal.

Jangan gunakan gaya kupu-kupu dan gaya punggung
Saat berenang, jangan menggunakan gaya kupu-kupu dan punggung. Karena kedua gaya ini dapat meningkatkan resiko benturan pada janin serta dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah yang ada di bagian belakang rahim. Gaya yang dianjurkan adalah gaya bebas atau gaya dada, kerna kedua gaya ini memiliki gerakan yang tenang, perlahan dan tak ada benturan.

Berenanglah di pagi atau sore hari
Waktu terbaik untuk berenang bagi ibu hamil adalah saat pagi hari (sebelum pukul 10.00 pagi) atau sore hari (sesudah pukul 15.00). Hal ini bertujuan untuk menghindari paparan sinar ultraviolet dan udara panas yang tidak baik bagi janin.

 

Related Articles

Add Comment