Tips Berlibur ke Karimunjawa

Category: Tips Wisata 26 0

Jika anda berencana mengahbiskan waktu libur anda di kawasan wisata Karimun Jawa, maka jangan lupa untuk mebaca tips-tips berikut ini agar liburan anda menjadi mudah dan semakin menyenangkan.

Tips Berlibur ke Karimunjawa

1. Perhatikan Cuaca
Cuaca yang mempengaruhi gelombang laut kerap menjadi kendala. Jangan membawa uang pas-pasan. Terkadang kapal penumpang dan kapal cepat urung berangkat ke Karimunjawa atau urung kembali ke Jepara dan Semarang karena faktor cuaca.

2. Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari
Jika tidak ingin kehabisan jatah kursi di kapal, maka pesanlah tiket jauh-jauh hari. Kapal penumpang dan kapal cepat menuju dari Karimunjawa lebih sering penuh, apalagi di musim libur.

3. Pilih Kapal Cepat
Jika menginginkan perjalanan yang cepat, maka gunakanlah kapal cepat. Namun jika menggunakan kapal penumpang, maka datanglah lebih awal, agar mendapatkan tempat duduk yang nyaman.

4. Gunakan Jasa Biro Perjalanan
Jika belum pernah datang ke Karimunjawa, disarankan menggunakan jasa biro perjalanan atau setidaknya menggunakan jasa pemandu wisata.

5. Manfaatkan Waktu dan Sumber Listrik
Sampai sekarang listrik di Karimunjawa belum menyala 24 jam. Hanya menyala dari pukul 18.00 hingga 06.00 WIB. Manfaatkan untuk mengisi baterai alat elektronik seperti kamera, handycam, dan telepon genggam.

6. Persewaan Alat
Jika anda ingin memancing, maka tak perlu repot membawa peralatan memancing dari rumah, karena disana tersedia tempat penyewaan peralatan memancing, snorkeling, dan menyelam bisa disewa di Karimunjawa.

7. SunBlock dan Topi
Bawalah sun block untuk melindungi kulit dari teriknya sinar matahari. Bila memungkinkan bawalah topi. Iklim di Karimun Jawa cukup terik. Jika tak mempersiapkan tabir surya, maka resiko kulit anda terbakar cukup besar.

8. Bawalah Jaket
Jangan lupa membawa jaket. Sebab, di malam hari, angin kerap bertiup kencang.

9. Tarif Sewa Perahu
Harga sewa perahu nelayan antara Rp300 ribu hingga Rp600 ribu, tergantung besar kecil atau kapasitas perahu, dengan rentang waktu sewa dari pagi sampai sore.

10. Mencari Informasi
Sebelum berangkat, rajin-rajinlah mencari informasi lewat teman atau pun browsing di internet. Dunia maya bisa menjadi sumber informasi terbaik untuk mencari dan menyaring biro perjalanan, pemandu wisata, hingga hotel yang baik dan banyak direkomendasikan.

11. Perhatikan Safety first
Wisatawan kategori keluarga cukup aman mengunjungi Karimunjawa. Selain berwisata bisa melakukan edukasi tentang laut dan penghuninya. Namun, jika menginap di Wisma Apung, disarankan tidak membawa anak di bawah 7 tahun, yang masih membutuhkan pengawasan terus-menerus. Untuk anak di atas 7 tahun pun sebaiknya tetap diawasai, karena Wisma Apung berada di tengah laut.

12. Gunakan Jaket Keselamatan
Jangan lupa untuk selalu menggunakan life jacket ketika berperahu, dan pastikan di kapal ada pelampung untuk berjaga-jaga.

Related Articles

Add Comment