Tips Membuat Rencana Perjalanan ke Kepulauan Karimunjawa

Category: Tips Wisata 50 0

Karimun Jawa merupakan sebuah kawasan wisata yang dikenal memiliki panorama alam bahari yang sangat elok dan terjaga kelestariannya. Pantai-pantainya yang berpasir putih beserta keunikan budaya masyarakat setempat menjadi daya tarik utama pulau yang berada di lepas pantai Kabupaten Jepara Jawa Tengah ini. Jika anda memiliki rencana untuk berlibur ke Karimun Jawa dalam waktu dekat, maka ada baiknya anda membca tips berikut ini.

Tips Membuat Rencana Perjalanan ke Kepulauan Karimunjawa

Menuju Kepulauan Karimun jawa
Untuk menuju Karimun Jawa, ada dua jalur yang bisa anda tempuh. Pertama, jalur melalui kota Semarang. Perjalanan dimulai dari kota anda menuju Semarang terlbih dahulu. Kemudian dari semarang arahkan tujuan menuju Pelabuhan Tanjung Mas. Dari Pelabuhan Tanjung Mas anda tinggal menyeberang ke Kepulauan Karimunjawa menggunakan kapal cepat KMC Kartini. Kapal cepat KMC Kartini berangkat ke Karimunjawa setiap hari Sabtu jam 9.00 pagi dan hari Senin jam 7.00 pagi. Sedangkan jam keberangkatan KMC Kartini dari Karimunjawa adalah setiap hari Minggu jam 14.00 dan hari Selasa jam 11.00. Dengan tiket seharga Rp 131 ribu per orang untuk kelas VIP dan Rp 111 ribu per orang untuk kelas bisnis. Lama waktu tempuh sekitar 3 setengah jam.

Sedangkan alternatif kedua adalah lewat jalur Jepara. Untuk sampai ke Jepara anda bisa naik bus dari Semarang dengan membayar tiket sebesar Rp 6 ribu per orang. Sampai di jepara anda harus melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Kartini. dari pelabuhan anda bisa menggunakan kapal cepat KMC Kartini atau kapal cepat Ekspress Bahari untuk menuju kepulauan Karimun Jawa. Harga tiket kapal cepat Jepara – Karimunjawa adalah Rp 83 ribu per orang untuk kelas VIP dan Rp 63 ribu per orang untuk kelas bisnis. Jika ingin harga yang lebih murah, Anda bisa menggunakan kapal feri KMP Muria yang berangkat setiap 2 hari sekali. Harga tiketnya hanya sekitar Rp 30 ribu per orang untuk kelas ekonomi dan Rp 50 ribu per orang untuk kelas VIP dengan jarak tempuh selama 6 jam.

Catatan:
Jadwal keberangkatan di atas bisa berubah-ubah, menyesuaikan dengan kondisi cuaca. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Kepulauan Karimunjawa adalah bulan Maret sampai bulan Juni.

Berlabuh di Kepulauan Karimun jawa
Sesampainya di Karimun Jawa, maka bergegaslah untuk mencari penginapan terlbih dahulu. Ada banyak hotel dan penginapan yang tersebar di beberapa tempat dengan tarif antara Rp 60 ribu sampai Rp 150 ribu per malam. jika ingin tarif yang lebih murah, anda bisa menginap di perumahan warga setempat. Selain itu anda juga bisa meminta penduduk lokal untuk menjadi guide anda. Tenang saja, penduduk lokal sangat ramah dan bersahabat dengan para wisatawan.

Menjelajahi Kepulauan Karimun jawa
Untuk menikmati keindahan alam pulau Karimun Jawa secara menyeluruh, anda bisa menyewa perahu motor berkeliling di area perairan Kepulauan Karimunjawa. Tarifnya berkisar antara Rp 300 ribu-Rp 500 ribu per hari. Kegiatan yang bisa anda lakukan adalah snorkling, diving, berenang, mengunjungi pulau-pulau kecil yang eksotis, bahkan anda bisa berenang bersama ikan-ikan hiu lho. Disini terdapat sebuah penangkaran ikan hiu. Tenang saja, hiunya jinak kok. Saat sore menjelang anda bisa menikmati indahnya sunset di pulau Tanjung Gelam.

Related Articles

Add Comment