Tips Memilih Travel Backpack Untuk Pemula

Category: Tips Wisata 182 0

Tas Punggung atau Travel Backpack merupakan salah satu amunisi wajib bagi traveller. Tas punggung dirasa lebih nyaman dan praktis di bandingkan dengan koper. Apalagi jika anda merupakan seorang petualang sejati, tentu jika membawa koper akan sangat merepotkan anda. Namun perlu anda ketahui tak semua tas punggung nyaman digunakan untuk travelling. Dibutuhkan pengetahuan dan kejelian dalam memiliih tas punggung. Nah untuk anda bingung dalam memilih tas punggung, berikut ini ada beberapa tips dalam memilih tas punggung.

Tips Memilih Travel Backpack Untuk Pemula

 

Ukuran
Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah berapakah ukuran ideal tas punggung yang harus anda beli? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut anda harus mempertimbangkan beberapa faktor antara lain:
1. Durasi Waktu
Anda harus mengetahui berapa lama anda ingin bepergian. Semakin lama kalian bepergian, tentu saja kapasitas tas punggung yang dibutuhkan akan semakin besar. Nah untuk lebih mudahnya anda bisa melihat gambar di bawah ini sebagai acuan dasar.

durasi waktu

 

2. Ukuran Tubuh
Selain durasi waktu, anda juga harus memperhatikan seberapa besar ukuran tubuh anda. Jadi nantinya anda bisa menyesuaikan tas punggung mana yang pas untuk ukuran tubuh anda. Pertimbangkan apakah ukuran tas tersebut proporsional dengan ukuran tubuh atau tidak. Tas punggun yang ideal diukur berdasarkan panjang punggung, bukan tinggi badan. Untuk lebih mudahnya, anda bisa melihat gambar di bawah ini sebagai acuannya.

ukuran tubuh

 

Fitur
Selain itu anda juga harus memperhatikan fitur yang ada dalam sebuah tas punggung. Pilih backpack yang memiliki frame untuk membantu mendistribusikan beban pada punggung. Dewasa ini terdapat 2 jenis frame pada backpack, yaitu external frame dan internal frame.

ex in
1. Internal Frame
Tipe ini merupakan tipe yang disembunyikan dalam kantong khusus sehingga tidak terlihat dari luar. Tipe ini dianggap lebih seksi karena bentuknya yang tersembunyi dan memiliki tingkat stabilitas yang lebih baik karena menempel langsung pada punggung. Kelemahannya, internal frame tidak dapat menyangga berat sebesar external frame, tidak memiliki ventilasi di punggung (karena tas langsung menempel pada punggung), dan biasanya dirancang minim kompartemen sehingga menyulitkan saat loading.

2. External frame
Tipe ini merupakan tipe frame yang terlihat dari luar. Tipe ini mampu menahan beban yang berat (>20 kg) dan dapat mendistribusikan beban dengan baik. Namun external frame dianggap berat, memiliki bentuk yang terlalu kaku, kuno, dan bagi beberapa orang, berpotensi menyebabkan ketidakseimbangan karena dengan adanya external frame punggung tak langsung bersentuhan dengan tas.

3. Strap bahu.
Pilih strap bahu yang dapat diatur panjang-pendeknya, dilapisi dengan busa agar tidak menyakiti bahu, dan pilih yang paling nyaman.

4. Tali pinggang.
Pilihlah tas yang memiliki tali di pinggang untuk membantu pinggang/pinggul dalam menahan beban dari tas. Jangan lupa pilih yang mudah untuk diatur.

5. Ventilasi.
Pilih tas yang memiliki bagian punggung berkontur. Selain membantu mendistribusikan beban pada punggung, juga memberikan ruang kecil diantara punggung dan tas sehingga udara dapat masuk kesela-selanya untuk mendinginkan punggung.

6. Kompartemen.
Tas yang bagus seharusnya memiliki banyak kompartemen. Tujuannya untuk memudahkan penggunanya dalam menempatkan barang-barangnya, dan juga memudahkan akses untuk pencarian. Jika kalian berencana untuk membawa kantong tidur, pilih tas yang memiliki sleeping bag compartment.

7. Material
Pilih tas punggung dengan material yang kedap air. Minimal, pilihlah tas dengan bahan yang semi-waterproof sehingga air tidak mudah menembus ke bagian dalam tas. Dan, pastikan juga jika bahan tersebut cukup cepat kering.

 

Related Articles

Add Comment