Tips Memotret Sunrise, Sunset dan Siluet

Category: Tips Wisata 16 0

Salah satu kepuasan saat berlibur ke suatu tempat yang memiliki keindahan alam adalah mengabadikan momen indah di tempat tersebut. Tentu saja keindahan alam yang mampu terabadikan dalam sebuah foto mampu memberikan kesan tersendiri. Salah satu spot yang sering diburu ketika melakukan perjalanan adalah saat-saat matahari muncul dan tenggelam. Karena pada saat itulah fenomena menakjubkan terjadi. Namun untuk menangkap keindahan tersebut tidaklah mudah, diperlukan teknik dan keterampilan khusus. Untuk itu ada baiknya anda memperhatikan beberapa tips berikut.

Tips Memotret Sunrise, Sunset dan Siluet

1. Riset lokasi
Sebelum memulai pertualangan, ada baiknya anda terlebih dahulu melakukan riset lokasi yang akan anda kunjungi. Anda bisa mulai mencari detail tentang lokasi yang akan anda jelajahi. Perhatikan lama perjalanan menuju lokasi, perbedaan waktu, dan kondisi atau medan sekitar lokasi. Usahakan 30 menit sebelum sunrise dan sunset sudah stand by di lokasi. Karena ketika tiba di lokasi kita perlu mencari titik paling strategis untuk memotret.

2. Siapkan Peralatan Pendukung
Memotret alam dengan kondisi minim cahaya membutuhkan keahlian khusus. Demikian pula memotret sunrise dan sunset, perlu persiapan matang untuk mendapatkan hasil maksimal. Maka dari itu diperlukan peralatan pendukung seperti tripod, filter dan lensa. Tentu saja ada harus mengetahui kegunaan masing-masing peralatan tersebut.

3. Maksimalkan Fitur di Kamera
Kamera digital saat ini sudah memiliki fitur pendukung untuk memotret berbagai kondisi. Untuk itu anda harus jeli dalam menggunakan fitur yang tersedia di kamera anda. Jangan sampai fitur tersebut hanya sebagai pemanis di kamera anda. Anda dapat mengatur explosur, balance, ISO dan fitur lainnya yang tersedia. Tentu sekali lagi, anda harus paham kegunaan masing-masing fitur yang tersedia.

4. Kreatif
Selain faktor teknis, sebagai photographer anda pun diharuskan kreatif dalam pengambilan gambar, pemilihan lokasi, dan lain-lain. Lihatlah komposisi sekeliling, anda bisa menambahkan beberapa objek untuk memberikan kesan yang tak monoton pada gambar anda. Perhatikan pula arah fokus dan arah datangnya cahaya.

5. Terus Mencoba
Untuk menghasilkan foto yang bagus, tak mungkin hanya sekali jepret. Diperlukan pengalaman berulang-ulang. Maka dari itu anda harus mencoba terus untuk mengasah kemampuan anda. Dengan terus mencoba kita juga akan terbiasa mengatasi situasi dan spot yang tidak terduga.

Related Articles

Add Comment