Tips Menjaga Kelestarian Pulau Gili

Category: Tips Wisata 55 0

Gili merupakan salah satu ikon wisata Pulau Lombok. Pesona Gili pun sudah sampai ke penjuru dunia. Keindahan Pulau Gili menjadi daya tarik utama wisatawan yang berkunjung ke Lombok. Sejatinya Gili merupakan aset pariwisata yang sangat berharga bagi kita, orang Indonesia. Untuk itu sudah sepatutnya kita sebagai warga lokal, turut serta menjaga kelestarian pualu Gili.

Tips Menjaga Kelestarian Pulau Gili

 

Di Lombok sendiri terdapat tiga Gili yang begitu dikenal wisatawan mancanegara. Sebut saja Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air yang letaknya berdekatan. Ketiga gili tersebut seakan menjadi trisula pariwisata Lombok. Kunjungan wisatawan ke tiga gili tersebut selalu ramai, apalagi memasuki musim liburan. Selain menjaga kelestariannya, kita juga bisa turut serta mempromosikan ketiga gili tersebut kepada dunia, jika alam Indonesia memiliki keindahan surga dunia.

Bagi wisatawan yang liburan ke Gili Trawangan dan Pulau Gili lainnya, diharapkan berpartisipasi dalam menjaga kelestariannya. Berikut ini ilustrasi Buku Panduan untuk turut serta menjaga alam Pulau Gili.

 

1

1. Janganlah membuang apapun ke dalam toilet. Karena struktur tanah di gili kebanyakan berupa pasir, sehingga keadaan septicktank bisa mempengaruhi keadaan laut di sana.

2. Isi Ulang botol minuman dapat membantu menjaga kebersihan dan juga dapat menghemat uangmu. Berhematlah menggunakan air, karena Fresh Water sangat terbatas di Gili – Lombok.

 

3-4-150x150

3. Matikan AC, Kipas Angin dan Lampu saat kamu akan meninggalkan kamar karena listrik di Gili menggunakan Disel. Sehingga penghematan listrik dapat mengurangi polusi.

4. Selalu jaga kebersihan, Buanglah sampah pada tempatnya yang telah ditentukan. Bahkan jika tak sengaja anda melihat sampah, memungut dan membuang pada tepatnya merupakan sikap yang sangat terpuji.

 

5-6-150x150

5. Jangan membuang puntung rokok sembarangan sampai kamu menemukan asbak atau tempat sampah.

6. Mohon tidak memungut kerang atau menyentuh dan menginjak trumbu karang saat anda melakukan aktivitas air seperti snorkeling untuk menjaga kelestariannya. Lihat dan nikmati keindahannya dengan tetap menjaganya.

 

7-8-150x150

7. Karena di Gili banyak kuda dan kucing. Maka berilah mereka minum air segar atau tawar untuk menjaga kesehatan hewan sehingga mereka tidak mengganggu.

 

back-cover-final--150x150

Related Articles

Add Comment