Tips Pembatalan Tiket Pesawat

Category: Tips Wisata 75 0

Pembatalah tiket pesawat merupakan salah satu kasus yang sering dialami oleh calon penumpang. Hal ini bisa saja terjadi dikarenakan beberapa alasan. Misalnya saja adanya perubahan jadwal, perubahan rencana perjalanan, atau bahkan dari masalah teknis lainnya. Untuk itu perlu anda ketahui bagaimana cara melakukan pembatalan tiket. Namun sebelum melakukan pembatalan, ada baiknya anda mengetahui apa alasannya. Berikut ini beberapa hal yang menjadi alasan pembatalan tiket pesawat.

Tips Pembatalan Tiket Pesawat

 

Rencana perjalanan berubah
Jika karena sesuatu dan lain hal rencana perjalanan anda berubah, alternatifnya anda bisa melakukan perubahan jadwal keberangkatan. Namun sebelum merubah jadwal perlu anda ketahui beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pertama anda harus memastikan jadwal tiket yang anda punya masih valid. Dengan kata lain ketika anda akan melakukan pergantian jadwal penerbangan baru tidak boleh berjangka waktu terlalu jauh dengan penerbangan sebelumnya. Kedua, anda harus mengecek ulang harga tiket pada jadwal yang baru. Jika ada selisih antara harga tiket baru dengan tiket lama, anda wajib membayar selisih harga tersebut. Ketiga, saat akan melakukan perubahan jadwal, anda kemungkinan akan dikenakan biaya administrasi. Jumlahnya tergantung kebijakan setiap maskapai.

Anda membatalkan rencana perjalanan
Jika anda memutuskan untuk membatalkan penerbangan dengan alasan personal, maka bisa dipastikan anda tak akan mendapat ganti rugi atau refund atas hal tersebut. Setiap maskapai memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku berkaitan dengan refund. Jadi sebaiknya anda menghubungi pihak maskapai atau tempa anda membeli tiket. Tanyakan detail mengani refund tersebut. Namun biasanya ketika sudah deal dalam hal pembelian tiket pesawat, maka secara otomatis anda telah menyetujui syarat, ketentuan dan aturan maskapai yang telah ditentukan. Jadi ada baiknya sebelum melakukan pembayaran, anda mencari tahu apa saja peraturan yang berlaku agar anda tak merasa dirugikan.

Delay terlalu lama atau pembatalan penerbangan oleh maskapai
Kondisi seperti ini kebanyakan dikarenakan karena adanya gangguan teknis maupun cuaca buruk. Jika anda membatalkan penerbangan karena alasan delay terlalu lama, maka anda harus menghubungi pihka maskapai yang bersangkutan agar uang anda kembali sesuai harga tiket yang anda beli.

Tips Tambahan
Sedikit tips untuk anda, jika ingin melakukan perubahan jadwal penerbangan atau pembatalan penerbangan, sebaiknya dilakukan maksimal 2 x 24 jam sebelum waktu keberangkatan. Hal ini dikarenakan semakin lama maka biaya administrasi yang harus anda bayar juga semakin bertambah. Dan tidak semua tiket pesawat bisa di refund atau diganti jadwal penerbangannya, khusunya untuk tiket promo, karena tiket promo biasanya memiliki kebijakan tersendiri.

 

Related Articles

Add Comment