Tips Saat Berada di Terminal Bus

Category: Tips Wisata 36 0

Jika anda memutuskan untuk melakukan perjalanan wisata via darat tanpa menggunakan kendaraan pribadi maupun sewaan, maka anda tak bisa lepas dari yang namanya terminal bus. Terminal merupakan tempat yang memiliki tingkat kejahatan yang cukup tinggi. Banyak para pelaku kriminal yang beroperasi di sekitar terminal. Maka untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan saat berada di terminal, ada baiknya ada memperhatikan tips berikut ini.

Tips Saat Berada di Terminal Bus

1. Amati Situasi dan Kondisi di Sekitar Terminal
Ketika anda baru sampai di terminal, maka hal pertama yang anda lakukan adalah mengamati situasi dan kondosi di terminal tersebut. Target empuk para pelaku kriminal di terminal adalah para calon penumpang yang kebingungan. Maka dari itu sewaktu di terminal bersikaplah tenang dan jangan terburu-buru. Jika anda menaiki bis malam, usahakan untuk naik di agennya. Kalau terpaksa naik di terminal, maka jangan datang mepet dengan waktu keberangkatan. Sebisa mungkin ajak teman saat berpergian.

2. Tanyakan Tentang Daerah yang Rawan
Tak ada salahnya jika anda bertanya kepada awak bis tentang daerah mana saja yang rawan akan tidak kejahatan. Seperti yang telah diketahui jika penjahat bisanya tidak berkerja sendiri. Umumnya mereka memiliki komplotan. Maka dari itu di sepanjang perjalanan kita harus waspada, terutama saat memasuki daerah yang dianggap rawan.

3. Bis Kosong dan Bis Ramai Beresiko Sama
Berhati-hatilah jika menaiki bis yang kosong. Bisa jadi bis yang kosong menjadi sasaran empuk bagi para pelaku kejahatan. Begitu pula dengan bis yang ramai, jangan hilang fokus, bisa saja di dalam bis yang ramai tersebut telah disusupi oleh kawanan penjahat.

4. Bis Yang Penuh dan Sesak
Di bis yang sesak, kita perlu ekstra waspada pada saat naik atau turun. Jika jalan di depan kita diblok/dihalangi orang, segera raba dompet di saku belakang apakah masih di tempatnya. Jika bisa terlalu sesak anda bisa menggunakan bisa lainnya.

5. Bawa Uang Secukupnya dan Taruh di Saku depan
Bawalah uang secukupnya, dan usahakan untuk menaruhnya di saku depan agar lebih mudah diawasi. Usahakan saku depannya pun memiliki kantong yang ada penutupnya, akan lebih baik jika penutupnya berupa resleting.

6. Bawa Tas Kecil Untuk Tempat Barang-Barang Berharga
Simpanlah barang-barang berharga anda di dalam tas kecil. Usahakan tasnya pun terbuat dari bahan yang cukup tebal. Dan taruhlah tas anda di depan badan agar lebih mudah di pantau.

7. Tampil Sederhana
Para penjahat Terminal biasanya melakukan seleksi awal para calon korbannya dengan cara melihat dario segi penampilan terlebih dahulu. Biasanya para penjahat tersebut memilih orang yag berpenampilan mencolok atau berlebihan. Maka dari itu jika anda bisa menggunakan pakaian atau aksesoris yang sederhana saja agar tidak memancing perhatian para penjahat.

Related Articles

Add Comment