Tips Sebelum Mendaki Gunung

Category: Tips Wisata 29 0

Mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan menjelajah alam yang menyenangkan. Saat ini mendaki gunung tak hanya menjadi aktivitas para pencinta alam. Mendaki Gunung kini telah menjadi salah satu paket wisata yang ditawarkan untuk khalayak umum. Namun mendaki gunung tentunya memiliki resiko yang cukup besar. Untuk itu sebelum mendaki gunung anda perlu memperhatikan beberapa tips berikut.

Tips Sebelum Mendaki Gunung

1. Izin dan Restu Orangtua
Sebelum memulai kegiatan pendakian ada baiknya anda meminta izin terlebih dahulu. Anda pun bisa meminta izin kepada orang tua atau kerabat terdekat.

2. Persiapan Fisik
Mendaki gunung bukanlah hal yang mudah. Anda akan melewati beragam medan selama perjalanan. Ada baiknya minimal dua bulan sebelum pendakian anda menyiapkan kondisi fisik anda dengan berolahraga secara rutin.

3. Perhitungan dan Rincian Biaya
Hitunglah biaya yang akan anda habiskan untuk kegiatan pendakian. Mulai dari biaya transportasi, biaya makanan, dan biaya pembeliaan alat-alat mendaki gunung.

4. Persiapkan Makanan, Obat dan Peralatan Penunjang
Persiapkanlah makanan dan obat-obatan selama kegiatan pendakian nanti. Persiapkan juga alat-alat yang dibutuhkan selama kegiatan pendakian seperti tas ransel, lampu senter, tali, tenda, sepatu trekking dan lain-lain. Usahakan semua alat tersebut nyaman digunakan. Jangan lupa menyusun barang bawaan agar nyaman dan tidak menggangu selama perjalanan.

5. Berdoa
Sebelum berangkat atau saat pendakian, wajib berdoa untuk memohon keselamatan, kesehatan, kemudahan, ketabahan, kesuksesan selama pendakian.

6. Riang dan Semangat
Selama mendaki tetaplah berada dalam suasana yang riang dan penuh semangat. jangan lupa untuk saling menyokong satu sama lain. Saling bahu membahu dalam satu tim atau regu pendakian.

Related Articles

Add Comment