Universal Adapter – Barang Wajib Para Traveller

Category: Tips Wisata 603 0

Adapter merupakan sebuah barang yang sifatnya dibutuhkan oleh setiap traveller terutama yang akan bepergian ke lua negeri. Hal ini dikarenakan bentuk lubang soket di luar negeri terkadang berbeda dengan yang ada di Indonesia. Maka dari itu keberadaan adapter sangat diperlukan. Jadi, jika anda hendak bepergian ke luar negeri, jangan lupa membawa universal adapter. Ya, Universala adapter namanya, adapter yang bisa digunakan disegala macam bentuk soket colokan listrik. Universal ini memiliki dua buah sisi. Di satu sisi terdapat lubang soket multi-fungsi yang dapat menerima berbagai macam plug, dan di sisi belakangnya terdapat plug yang dapat disesuaikan dengan jenis soket di dinding.

Universal Adapter - Barang Wajib Para Traveller

Jenis-jenis universal adapter pun beramacam-macam. Ada yang terdiri dari beberapa potongan, dimana setiap plug/colokannya terpisah dan dapat dirangkai dengan soket multifungsi yang dusesuaikan dengan kebutuhan. Ada pula jenis universal adapter yang hanya terdiri 1 potong saja. Jenis ini biasanya memiliki soket multifungsi dan di dalamnya tersusun beragam plug. Tentu agar lebih praktis, pilihlah adapter 1 badan. Adapter ini banyak digunakan karena dinilai lebih praktis dan ringkas karena tak perlu khawatir kehilangan potongan-potongan kecil plug nya.

Sebelum anda pergi ke suatu negara, ada baiknya anda mempersiapkan terlebih dahulu universal adapter. Nah berikut ini beberapa contoh plug/colokan yang biasanya digunakan di beberapa negara.

1
Gambar 1
Beberapa yang umumnya menggunakan plug jenis ini adalah:
Inggris, Siprus, Hong Kong, Irlandia, Malta, Malaysia, Singapura, dan berbagai negara bekas koloni Inggris lainnya

2
Gambar 2
Beberapa yang umumnya menggunakan plug jenis ini adalah:
Indonesia dan negaranegara Eropa (kecuali yang telah disebut di gambar 1 di atas)

3
Gambar 3
Beberapa yang umumnya menggunakan plug jenis ini adalah:
USA, Canada, Mexico, Amerika Tengah dan Amerika Selatan (utara dan timur), Karibia, Jepang, Taiwan, dan Arab Saudi.

4
Gambar 4
Beberapa yang umumnya menggunakan plug jenis ini adalah:
Australia, Selandia Baru, Fiji, Argentina, Cina dan Papua Nugini

Untuk mendapatkan sebuah universal adapter, anda bisa mencarinya di toko travelling atau toko elektronik. Di negara barat, untuk sebuah universal adapter dibandrol dengan harga yang murah yakni sekitar 10-20 USD. Sementara di JEpang, hargany cukup mahal. Jika ingin membeli secara online, anda bisa masuk ke web DealExtreme, disana menjual universal adapater seharga 5,2 USD, jika dikonversi ke rupiah, kira-kira kurang dari 50 ribu rupiah dan free shipping ke setiap negara.

Related Articles

Add Comment