Es Cendol – Minuman Indonesia yang Populer

Category: Wisata Kuliner 105 0

Tentu anda sudah tak asing lagi dengan minuman berikut ini. Namanya Es Cendol, minuman khas Indonesia yang begitu populer seantero Nusantara. Hampir di setiap daerah bisa ditemukan pedagang es cendol. Tapi tahukah darimana asal es cendol? Mungkin tak banyak yang tahu jika es cendol berasal dari daerah sunda. Minuman yang memiliki cita rasa manis dan segar ini dapat dinikmati oleh semua kalangan karena harganya yang terjangkau. Selain itu penjual es cendol bisa ditemukan hampir disetiap sudut kota di berbagai daerah.

Es Cendol - Minuman Indonesia yang Populer

Sejatinya es cendol tak jauh beda dengan es dawet. Hanya saja es dawet bahan utamanya menggunakan tepung beras, sedangkan es cendol menggunakan tepung hunkwe yang terbuat dari kacang hijau. Ada pula yang menggunakan tepung sagun untuk membuat es cendol. Dalam penyajiannya es cendol dicampur dengan gula merah cair serta santan.

Cara membuat es cendol pun tidak begitu sulit. Bahan-bahannya pun mudah didapat. Bahan yang diperlukan diantaranya adalah tepung hunkwe, tepung beras, garam, buah nangka, gula merah, gula pasir, daun pandan, air daun pandan serta santan.

Untuk cara membuatnya, pertama-tama anda harus mencampurkan tepung hunkwe, tepung beras, air daun pandan serta garam dalam satu wadah atau panci. Kemudian aduk adonan tersebut hingga rata. Setelah adonan kental, siapkan air matang di dalam sebuah baskom kecil dengan cetakan cendol di atasnya. Lalu tuangkan adonan tersebut ke dalam cetakan dan tekan cetakan hingga adonan menjadi serutan-serutan kecil. Setelah itu, ambil cendol yang sudah jadi, kemudian tiriskan.

Sedangkan untuk membuat sirupnya, langkah pertama adalah mendidihkan air hingga matang. Baru kemudian masukkan gula merah, gula pasir serta daun pandan ke dalam satu wadah. Kemudian aduk hingga mengental. Untuk santannya, cukup dimasak hingga mendidih dan diberi sedikit garam dan daun pandan.

Dan langkah terakhir, masukkan cendol, nangka atau tape ketan hitam ke dalam gelas atau mangkuk. jangan lupa tuangkan sirup gula merah serta santan. Anda bisa menambahkan serutan es batu untuk pelengkapnya. Es cendol pun siap disajikan!

Related Articles

Add Comment