Gulai Siput – Kuliner Unik Khas Kepulauan Riau

Category: Wisata Kuliner 1,249 0

Biasputih.com – Indonesia memang terkenal akan keragaman kultur budaya dan adat istiadatnya. Tak hanya itu, bahkan Indonesia memiliki ragam kuliner yang khas di seytiap daerahnya dan tak akan bisa ditemukan di negara lainnya. Berbicara soal kuliner, salah satu kuliner asli asal Indonesia yang terbilang cukup unik adalah Gulai Siput. Gulai Siput sendiri merupakan salah satu makanan khas yang ada di Kepulauan Riau. Sesuai dengan namanya, makanan ini menggunakan bahan utama siput atau oleh sebagian orang di sebut keong sawah yang biasa menjadi hama padi. Gulai Siput sendiri dalam bahasa Melayu dialek Kuantan Singingi disebut dengan gulai cipuik, sedang dalam bahasa melayu Rokan disebut dengan Lengkitang.

Gulai Siput - Kuliner Unik Khas Indonesia

Keunikan lainnya dari makanan ini adalah bumbu rempahnya yang khas melayu. Jika mencoba Gulai Siput anda akan langsung merasakan sensasi pekat nikmatnya daging siput dengan olahan bumbu rempah.

Mungkin untuk sebagian orang akan merasa jijik dengan keong atau siput. Namun sebenarnya siput atau keong ini memiliki karakterisitik daging yang enak disantap. Konturnya yang agak sedikit kenyal membuat sajian satu ini benar-benar nikmat. Jika di bagian daerah lain di Indonesia, siput atau keong dianggap hama padi, maka tidak untuk di kepulauan Riau. Siput atau keong ini justru menjadi sumber penghasilan dan sumber makanan yang lezat. Di daerah tanjung pinang siput ini selain bisa didapatkan dengan mencari sendiri disawah juga bisa kita temukan di pasar-pasar tradisional, jadi tidak perlu khawatir kotor kalau anda ingin membuat masakan ini.

Untuk membuat gulai siput ini terlebih dahulu siput dimasak menjadi gulai. Kemudian dicampurkan dengan bumbu rampah-rempah yang beragam. Tentu saja cita rasa yang ditawarkan begitu khas dan menggoda selera.

Jika anda berkunjung ke Kepulauan Riau, tidaklah sulit unutk menemukan gulai siput ini. Gulai siput tersedia di warung-warung pinggir jalan dan pasar-pasar tradisonal. Anda pun tak perlu cemas masalah harganya, karena yang pasti untuk menikmati seporsi gulai siput tak akan membuat kantong anda kering kerontang.

Related Articles

Add Comment