Kue Lupis – Jajanan Tradisional Nusantara

Category: Wisata Kuliner 769 0

Siapa yang tak kenal dengan Kue Lupis. Nama jajanan ini sudah tak asing lagi di telinga kita. Jajanan ini begitu terkenal seantero Indonesia. Lupis merupakan salah satu jajanan khas Indonesia, khususnya di pulau Jawa. Jajanan yang berbahan dasar beras ketan ini menjadi hidangan pagi hari yang biasanya menjadi teman teh atau kopi hangat.

Kue Lupis - Jajanan Tradisional Nusantara

 

Kue Lupis biasanya berbentuk segitiga, namun ada pula yang berbentuk bulat memanjang. Kue Lupis memiliki kemiripan dengan klepon. Keduanya sama-sama memiliki tekstur yang kenyal dengan cita rasa manis. Dibagian atasnya bisanya di taburi dengan parutan kelapa dan dibaluri dengan larutan gula jawa / aren.

Cara membuat kue lupis pun tidak begitu sulit. hanya dengan beberapa langkah saja, anda sudah bisa membuat kue lupis kreasi sendiri di rumah. Bahan-bahan yang digunakan pun mudah didapat d pasar.

Untuk membuat kue lupis, tentu yang pertama disiapkan adalah bahan-bahannya. Bahan untuk embuat lupis terdiri dari beras ketan, air kapur sirih, kelapa parut, daun pandan, daun pisang, garam dan gula jawa atau aren. Setelah semua bahannya siap, barulah beranjak ke tahap pembuatannya.

Pertama-tama, beras ketan perlu direndam kurang lebih satu jam. Setelah itu beras ketan yang telah direndam diberi sedikit air kapur lalu diaduk merata. Tahap selanjutnya adalah masuk ke tahap pencetakan. Ambil beberapa sendok makan beras ketan tadi, kemudian di bentuk segitiga di atas selembar daun pisang, lalu bungkus dan ikat dengan tali. Barulah setelah itu direbus selama kurang lebih tiga jam hingga matang. Bila sudah matang, angkat lupis tersebut, lalu tiriskan dan dinginkan sejenak.

Sedangkan untuk membuat taburan kelapanya, caranya adalah dengan menyiapkan kelapa yang sudah diparut kemudian diberi sedikit garam dan daun pandan. Lalu kukus selama kurang lebih 10 – 15 menit, lalu tiriskan dan dinginkan.

Untuk membuat larutan gula, caranya adalah rebus air bersama gula jawa yang sudah disiapkan hingga menjadi larutan gula yang kental. Dan kue lupis sudah siap disajikan.

 

Related Articles

Add Comment