Pisang Epe – Jajanan Khas Makasar

Category: Wisata Kuliner 121 0

Halo sobat kuliner Nusantara. Dalam bahasan kali ini kita akan mengulas tentang kuliner yang ada di Makasar. Seperti yang telah kita ketahui bersama, Makasar tak hanya menjanjikan anda pemandangan alam yang indah, melainkan juga wisata kuliner yang beragam jenisnya. Selama ini mungkin kuliner Mkasara yang anda ketahui hanya sebatas Coto Makasar dan Es Pisang Ijo. Namun pernahkah anda mendengar kuliner Pisang Epe? terdengar masih asing? Pisang Epe merupakan salah satu kuliner asli Makasar. Seperti apa sih Pisang Epe ini? Berikut ini ulasannya untuk anda.

Pisang Epe - Jajanan Khas Makasar

 

Nama kuliner Pisang Epe berasal dari kata “Epe” yang memiliki arti “dijepit”. Sesuai dengan namanya, pisang epe ini dibuat dengan cara dipipihkan terlebih dahulu, lalu kemudian dibakar. Sekilas memang tak ada bedanya dengan sajian pisang bakar pada umumnya. yang membuatnya berbeda adalah saus yang digunakan untuk siraman pada bagian atasnya. Saus yang digunakan adalah saus gula merah yang telah dicampur dengan buah nangka dan durian. Sedangkan untuk bahan dasarnya biasanya menggunakan pisang kepok atau pisang raja. Pisang epe pun memiliki beberapa varian rasa yang bisa anda pilih. Diantaranya rasa coklat, keju atau kombinasi keduanya.

Lokasi Penjual Pisang Epe
Jika anda tertarik ingin mencicipi kuliner Pisang Epe, anda bisa menukan sejumlah penjual pisang epe di pinggir pantai Losari. Biasanya para pedagang tersebut membuka lapaknya dari pagi hingga malam hari. Dan jangan lupa sembari mencoba pisang epe, pesanlah wedanf Saraba sebagia minuman pelengkapnya. Wedang Saraba merupakan minuman hangat khas Makasar. Rasanya mirip bandrek, namun tidak terlalu manis. Bahannya terbuat dari campuran susu, jahe dan rempah. Bisa juga ditambahkan telur.

Harga Pisang Epe
Untuk harga seporsi Pisang Epe dijual dengan harga mulai Rp 6.000. Satu porsi biasanya berisi tiga buah pisang. Sementara untuk Wedang Saraba, biasanya dijual dengan harga Rp 5.000 per gelas.

 

Related Articles

Add Comment