Plecing Kangkung Lombok

Category: Wisata Kuliner 42 0

Pulau Lombok menyimpan sejuta pesona yang siap mencuri hati para wisatawan yang berkunjung kesana. Pulau Lombok memiliki pantai-pantai yang cantik, alam yang eksotis, dan tradisi yang masih terjaga. Tentu tak lengkap rasanay berkunjung ke Lombok jika tak menyempatkan diri untuk mencicipi kuliner khas Lombok. Salah satu kuliner khas Lombok adalah Plecing Kangkung.

Plecing Kangkung Lombok

Plecing kangkung merupakan olahan kangkung yang direbus. Disajikan dengan taoge, kacang tanah yang digoreng serta sambel nyiuh yang terbuat dari parutan kelapa dan dioseng kering. Di atas plecing biasanya disiram dengan sambal terasi. Terasi yang digunakan juga bukan terasi sembarangan, tapi menggunakan lengkare khas Lombok. Plecing kangkung khas Lombok ini rasanya cukup pedas, tak heran akan membuat badan sedikit berkeringat saat mencobanya.

Untuk membuat Plecing kangkung tidaklah susah. Bahan-bahannya pun mudah ditemukan di pasar. Namun ada tata cara sendiri dalam pembuatannya yang membuat rasanya begitu istimewa dan khas. Cita rasa yang khas dari Plecing Kangkung inilah yang banyak dicari oleh wisatawan. Rasa khas tersebut berasal dari Kangkung Lombok yang dikenal memiliki ukuran batang yang lebih besar serta daun yang lebih lebar. Rasanya pun lebih renyah dan gurih. Kangkung Lombok merupakan jenis kangkung air yang tumbuh di lahan perairan seperti sungai dan kolam dengan air yang mengalir. Menariknya lagi, Kangkung Lombok tidaka akang menjadi alot meskipun telah dimasak hingga matang. Tak heran jika Kangkung Lombok banyak dijadikan oleh-oleh khas para wisatawan.

Nah, untuk anda yang ingin mencicipi sajian khas Plecing Kangkung Lombok, anda dapat menemuinya di sepanjang jalan, banyak warung makan di pinggir jalan yang menyediakan Plecing Kangkung Lombok. Bahkan di Hotel berbintang lima pun sajian Plecing Kangkung Lombok banyak tersedia.

Rasa Plecing Kangkung Lombok sangat gurih dengan sedikit rasa manis dan kontur kangkung yang renyah. Jika penasaran ingin mencoba kuliner Plecing Kangkung ini, jangan tunda lagi, segera berlibur ke Lombok.

Related Articles

Add Comment