Tips Menyimpan Keju Agar Tahan Lama

Category: Wisata Kuliner 1,174 0

Keju merupakan salah satu jenis bahan makanan yang paling sering digunakan untuk berbagai keperluan. Keju juga dimanfaatkan untuk beragam variasi makanan. Namun salah satu kelemahannya adalah keju tidak bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Keju sangat rentan jamur. Jika sudah terkena jamur, maka keju pun tak bisa dikonsumsi lagi.

Tips Menyimpan Keju Agar Tahan Lama

Setelah melalui penelitian bertahun-tahun, akhirnya ditemukanlah cara terbaik dan benar untuk menyimpan keju. Nah langsung saja, berikut ini tips menyimpan keju agar tahan lama.

1. Cek terlebih dahulu
Sebelum membeli, pastikan keju terbungkus dan tersegel dengan benar. Jangan dibeli bila kemasan sudah rusak atau terbuka.

2. Waspada keju yang sudah berubah warna
Hindari keju yang terlihat kering dan sudah berubah warna, sekalipun keju tersebut masih dalam kemasan atau segel. Besar kemungkinan keju tersebut sudah kadaluarsa atau jamuran.

3. Cek tanggal kadaluarsa
Periksa tanggal kadaluarsa atau masa expired keju sebelum membelinya. Periksa pula tanggla kesegaran keju, sehingga Anda bisa tahu kapan keju tersebut boleh dikonsumsi.

4. Beri minyak zaitun
Penggunaan minyak zaitun dan canola, bisa membuat keju menjadi lebih awet dan tahan lama. caranya adlah dengan menggosok keju menggunakan rti Grey, Bleu, Washed Rind dengan menggunakan minyak zaitun atau canola. Keju yang disarankan adalah semua jenis keju Amerika seperti Grey, Bleu, Washed Rind.

5. Ketika berjamur
Beberapa keju yang berjamur ada yang masih bisa dimakan. Cara mengetahuinya adalah mengecek perubahan aroma dan rasa. Bila aroma dan rasa tidak berubah, maka buang bagian yang berjamur, kemudian aplikasikan minyak zaitun atau canola dan simpan di wadah yang berbeda dari wadah semula.
Untuk menghindari jamur berkembang, sebaiknya simpan keju di dalam kemasan plastik tertutup yang kedap udara.

6. Penyimpanan
Menyimpan keju lebih baik diletakkan di sebuah wadah yang bersih dan kering, dibungkus dengan tissue makan atau kain lembut dan tipis. Berikan sedikit ruangan untuk keju bernafas, kemudian simpan di dalam lemari es. Wadah sebaiknya terbuat dari plastik saja. Hindari menyimpan keju di ruangan terbuka, selain keju bisa dimakan oleh serangga, keju juga mudah sekali berjamur. Hindari menyimpan keju di dalam kulkas tanpa perlindungan plastik kemasan, karena akan mengubah tekstur keju dan membuatnya menjadi beku sehingga sulit dikonsumsi.

Related Articles

Add Comment